Cara Merawat Jerawat Paling Mudah

Jerawat adalah kondisi kulit yang umum. Jerawat terbentuk di dalam pori-pori kulit yang tersumbat yang mengeringkan kelenjar sabeceous dan akhirnya menghasilkan jerawat yang jelek. Tingkat keparahan berjerawat bervariasi dari individu ke individu. Beberapa mengalami berjerawat ringan yang akhirnya benar-benar bersih; yang lain mengalami kista yang menyakitkan yang tampaknya bertahan lama dan meninggalkan bekas luka atau bahkan "lesung pipi" seumur hidup.

Jerawat sangat umum dan mempengaruhi remaja dan orang dewasa sama. Ada beberapa aliran pemikiran tentang penyebab jerawat: beberapa percaya bahwa itu disebabkan oleh peradangan, yang lain disebabkan oleh bakteri P. acnes; semua setuju bahwa ada hubungan antara jerawat dan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan jerawat mempengaruhi remaja menjadi dewasa; dapat terjadi selama kehamilan; dapat mempengaruhi wanita dari pil KB, dll. Semua dalam semua, sekitar 80% dari semua orang berurusan dengan jerawat di beberapa titik kehidupan mereka. Akibatnya pertanyaan "bagaimana mengelola jerawat" adalah yang populer.

Bentuk awal manajemen jerawat bergantung pada aplikasi topikal. Bagi sebagian orang, krim dan gel bebas yang mengandung asam salisilat atau Retin-A dapat membantu. Pendekatan yang lebih agresif melibatkan penggunaan krim resep dan gel seperti benzoil peroksida, antibiotik clindamyin, dll. Yang efektif untuk banyak penderita jerawat. Antibiotik oral, Spirolactone, kontrasepsi oral (khusus wanita), dan Accutane dipertimbangkan ketika perawatan topikal gagal memberikan hasil.

Bagaimana cara mengatasi jerawat tanpa obat?

Pendekatan non-farmakologis untuk manajemen jerawat adalah terapi laser IPL (Intense Pulsed Light) yang mungkin melibatkan penggunaan Asam Amino Levulinic (ALA) bersamaan dengan perawatan.

Terapi Laser IPL sangat lembut. Ini memancarkan pulsa cahaya broadband intensitas tinggi yang menghasilkan panas. Panas menyebabkan kerusakan terkendali khusus untuk area yang terkena jerawat. Cahaya panas memotong lapisan atas kulit; fokusnya adalah pada lapisan di bawahnya (dermis). Selama perawatan, dokter menggunakan filter untuk keselamatan pasien (menghalangi sinar UV dari menyentuh kulit Anda) dan pasien mengenakan pelindung mata. Saat dirawat, pasien merasa "buncis" seolah-olah karet gelang menempel pada wajahnya. (Ngomong-ngomong, perawatan dapat digunakan pada area lain dari tubuh yang terkena jerawat, tidak hanya wajah). Perawatan IPL membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat dan merangsang produksi enzim yang melindungi kulit dari infeksi.

Apa yang terjadi setelah perawatan? Segera setelah perawatan gel pendingin diterapkan ke daerah yang dirawat; pasien juga mendapat rejimen perawatan kulit untuk digunakan setelah perawatan di rumah. Tepat setelah perawatan, Anda akan melihat bahwa kulit Anda berwarna merah muda. Beberapa hari kemudian, jerawat mulai mengering dan mengelupas, dan Anda akan mulai melihat kulit yang lebih jelas.

Intense pulse light therapy (IPL) dapat digunakan sebagai pengobatan yang berdiri sendiri; untuk pasien dengan jerawat kistik dan nodular yang parah, sering digunakan bersamaan dengan Asam Amino Levulinic (ALA) yang mengikis kulit yang peka. IPL digunakan untuk mengaktifkan ALA.

Untuk mencapai hasil terbaik, perawatan IPL dengan Asam Amino Levulinic (ALA) perlu diulang. Frekuensi tergantung pada tingkat keparahan jerawat Anda. Jika jerawat Anda sangat parah, Anda mungkin perlu dua kali perawatan selama seminggu selama delapan minggu. Jika jerawat Anda ringan, satu perawatan per minggu untuk jangka waktu delapan minggu sudah cukup.

Penurunan signifikan jerawat - dan dalam beberapa kasus pembersihan jerawat - dicapai dengan IPL plus terapi Asam Amino Levulinic berlangsung selama satu hingga satu setengah tahun.

Salah satu keuntungan dari terapi IPL (dengan ALA atau tanpa) adalah kenyataan bahwa perawatannya sangat lembut dan pemulihannya melibatkan sedikit atau tidak ada downtime. Sekali lagi, tingkat keparahan jerawat Anda akan menentukan lamanya pemulihan Anda. Mereka yang berjerawat ringan mungkin dapat segera melanjutkan aktivitas normal mereka. Mereka yang memiliki jerawat yang lebih parah disarankan untuk menjalani perawatan setelah beberapa hari agar sembuh.

Ada banyak pilihan perawatan jerawat yang tersedia. Sebagai orang yang pernah menangani jerawat tahu tidak setiap metode efektif untuk setiap metode. Terapi IPL berulang (dengan ALA atau tanpa) adalah pilihan lembut yang pada kebanyakan kasus jerawat memberikan bantuan jangka panjang dari gejala. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi jerawat, bicarakan dengan dokter Anda tentang terapi IPL.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments