Makanan bergizi

Makan makanan bergizi agar tetap sehat adalah apa yang dikatakan pepatah lama ini. Sementara apa yang Anda makan adalah masalah tubuh Anda, apa yang harus Anda makan dan minum ditentukan oleh Anda. Itu berarti Anda harus sangat bijaksana dan berhati-hati tentang nilai gizi makanan yang Anda konsumsi karena apa pun yang Anda makan dan minum akan memengaruhi kesehatan Anda. Ketika Anda makan makanan bergizi, kesehatan meningkat dan ketika diet Anda memiliki nilai gizi yang kecil, ia akan berputar. Jadi, dapat dikatakan bahwa makanan adalah titik poros gaya hidup, dan faktor penentu Anda adalah diri Anda saat ini.

Itu menimbulkan pertanyaan serius tentang apa yang harus Anda makan untuk mendapatkan nilai nutrisi yang cukup bagi tubuh Anda. Praktis mustahil untuk memantau kebutuhan nutrisi tubuh Anda setiap hari dan mengidentifikasi bahan makanan yang memenuhi persyaratan itu. Jawaban sederhana untuk ini adalah makan makanan normal yang mengandung banyak serat, protein dan vitamin. Beberapa di antaranya dijelaskan di bawah ini agar Anda tetap bugar dan sehat.

Makan item gandum utuh

Bahan makanan gandum mengandung banyak serat dan nutrisi dibandingkan dengan makanan olahan. Ini adalah sumber vitamin dan mineral dan mengontrol gula darah.

Buah-buahan dan sayur-sayuran

Makan banyak sayuran dan buah-buahan segar yang sehat dengan makanan Anda karena mereka rendah kalori dan mengandung banyak serat, antioksidan dan vitamin.

Kurangi asupan lemak

Tidak perlu menghindari lemak sama sekali. Ini adalah nutrisi dan kami membutuhkannya dalam jumlah terbatas tetapi makanan dengan kandungan lemak tinggi akan membuat Anda kelebihan berat badan. Hindari lemak jenuh seperti mentega, karena meningkatkan risiko penyakit jantung. Minyak nabati adalah sumber lemak sehat dan dapat digunakan dalam jumlah terbatas. Hindari juga camilan tidak sehat seperti keripik kentang. Jauhkan dari minuman manis karena menambah kalori ekstra dalam tubuh Anda.

Makan sarapanmu

Makan sarapan sehat yang mengandung banyak serat; jangan melewatkannya. Itu akan menghindari ukiran untuk makanan. Jika tidak mungkin memakan makanan Anda pada jam-jam tertentu, makanlah dalam jumlah kecil yang tersebar dalam beberapa jam untuk mempertahankan metabolisme yang stabil. Ini juga akan menahan Anda dari pesta makan.

Jangan terlalu membatasi

Orang-orang sering ditemukan berjuang untuk menjauh dari beberapa hidangan favorit mereka. Dengan menjadi terlalu ketat orang akhirnya makan lebih banyak dari makanan seperti itu pada suatu waktu menghasilkan lompatan kuantum dalam asupan kalori. Untuk menghindari situasi ini, lebih baik makan sedikit barang favorit Anda; jangan terlalu membatasi tentang hal itu.

Waspadai porsi Anda

Jumlah makanan yang Anda makan memiliki peran penting dalam menentukan berat badan Anda. Makan makanan yang Anda pikir sebagai jumlah yang tepat bukanlah jumlah yang benar yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Pendekatan semacam itu hanya akan membebani Anda dengan kalori yang tidak diinginkan. Sadari porsi makanan yang Anda makan. Selalu bantu diri Anda dengan sebagian kecil makanan pada awalnya dan tunggu dan lihat apakah Anda lapar lagi. Jika rasa lapar Anda tidak puas maka tambahkan saja lebih banyak ke piring Anda. Ini akan membantu Anda mengendalikan berat badan Anda.

Pedoman ideal untuk konsumsi makanan untuk semua orang yang sadar kesehatan adalah makan lebih sedikit dan pada saat yang sama menikmatinya, makan banyak sayuran dan buah-buahan segar, minum air daripada minuman manis, beralih ke susu rendah lemak dan menjaga porsi makan makanan di piring Anda.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments