Sedang memuat 7 Manfaat Ikan Betutu Bagi Kesehatan Manusia ...

7 Manfaat Ikan Betutu Bagi Kesehatan Manusia

Monday, September 4th, 2017 - Ikan

Manfaat Ikan Betutu Bagi Kesehatan – Berbicara mengenai Manfaat Ikan Betutu, ikan yang memiliki nama latin Oxyeleotris marmorata ini memiliki kandungan gizi yang cukup beragam, diantaranya vitamin B1, B2, B6, E, F, albumin dan enzim, serta hormon. Dimana keseluruhan kandungan gizi tersebut mampu memberikan manfaat baik untuk tubuh, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Bahkan, ikan betutu untuk ibu hamil juga sangat disarankan agar membuat sang jabang bayi menjadi lebih sehat. Berikut manfaat ikan betutu yang perlu Anda ketahui :

Budidaya Ikan Betutu

7 Manfaat Ikan Betutu Bagi Kesehatan Manusia

1. Menyembuhkan nyeri

Memiliki kandungan albumin, tak heran jika ikan malas ini mampu menyembuhkan rasa nyeri yang muncul usai menjalani operasi. Dimana rasa nyeri tersebut bisa saja muncul dari jahitan setelah operasi berlangsung. Untuk menyembuhkannya secara optimal, konsumsilah ikan betutu ini secara teratur tiap hari.

Baca Juga:

2. Mengeringkan jahitan

Selain menyembuhkan rasa nyeri, kandungan albumin dalam ikan betutu rupanya juga mampu mengeringkan jahitan pasca operasi. Hal tersebut disebabkan albumin berkemampuan untuk menyatukan jaringan kulit di dalam tubuh dalam jangka waktu yang lebih cepat. Dengan demikian, luka bekas jahitan pun akan mengering secara perlahan-lahan. Mengonsumsi ikan betutu tentunya sangat disarankan untuk mengeringkan jahitan karena luka bekas jahitan operasi yang tidak cepat kering biasanya berdampak kurang baik, yakni akan berair dan menimbulkan terjadinya infeksi.

3. Mengobati patah tulang

Manfaat ikan betutu lainnya ialah dapat mengobati patah tulang. Hal ini tidak terlepas dari tingginya kadar albumin yang dimiliki oleh ikan betutu. Kadar albumin yang tinggi mampu memulihkan sel-sel tubuh yang rusak, serta terbelah. Mengingat para penderita patah tulang biasanya memiliki sel yang terbelah.

4. Menyembuhkan luka bakar

Ketika mengalami luka bakar, beberapa sel yang terdapat dalam tubuh akan mengalami kerusakan. Dalam hal ini, ikan betutu berguna untuk memulihkan sel-sel yang rusak. Dengan pulihnya sel-sel tersebut, maka luka bakar pun akan sembuh dalam jangka waktu yang lebih singkat.

5. Mengobati penyakit hepatitis

Kandungan albumin yang dimiliki oleh ikan betutu memang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk mengobati penyakit hepatitis. Penyakit hepatitis sendiri disebabkan oleh banyak hal, salah satunya ialah ketidakmampuan hati untuk memproduksi albumin. Untuk mengatasinya, konsumsilah daging ikan betutu agar produksi albumin dalam tubuh semakin meningkat dan penyakit hepatitis akan teratasi.

6. Menghaluskan kulit

Manfaat ikan betutu lainnya ialah menghaluskan kulit. Hal ini disebabkan kandungan vitamin E dari ikan ini cenderung sangat tinggi yang mampu membuat kulit menjadi lebih halus. Untuk hasil terbaiknya, konsumsilah ikan betutu setidaknya 100 gram tiap harinya.

7. Membuat awet muda

Tidak hanya menghaluskan kulit, mengonsumsi ikan betutu secara rutin juga mampu membuat wanita menjadi lebih awet muda. Pasalnya, vitamin E yang dikandung oleh ikan betutu mampu memusnahkan sel-sel kulit mati yang terdapat di permukaan wajah, serta meremajakan kulit. Dengan demikian, wajah pun akan terhindar dari berbagai kerutan dan terlihat awet muda.

Memiliki manfaat yang terlampau banyak, tak heran jika jenis ikan ini banyak dibudidaya. Selain dikonsumsi sendiri, ikan betutu juga sangat laris manis ketika dijual karena minat masyarakat yang cenderung tinggi.

Nah itu dia beberapa Manfaat Ikan Betutu untu kesehatan manusa, semoga bisa bermanfaat bagii teman teman semua

7 Manfaat Ikan Betutu Bagi Kesehatan Manusia | M rian saputra | 4.5