Beragam Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Untuk di Pelihara

Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah dipelihara – Jenis jenis ikan hias air laut – Sudah kita ketahui banyaknya jenis ikan hias menjadi minat bagi para kolektor untuk memilikinya,semakin banyak daya saing jual ikan tidak membuat para kolektor mundur dalam memiliki ikan hias air laut, bahkan rela merogok kocek untuk membeli walaupun harga yang tidak terjangkau bagi nya. Dewasa ini, di kalangan pemuda sudah banyak mengenal beragam jenis ikan hias (Tawar/laut) baik untuk di akurium bahkan di kolam ikan yang dijadikan sebagai ternak ikan dalam mencari benih bibit ikan yang dijadikan sebagai peluang usaha bisnis ikan hias. Nama ikan hias air laut dan gambarnya.

Dengan bermodalan tekat dan usaha dalam mencari kesempatan dalam usaha pengembangan ikan hias air laut maupun ikan hias air tawar para kolektor ikan bisa menghasilkan keuntugan yang lebih setiap per-ekor dengan harga jual ikan hias yang bisa diraih mencapai jutaan bahkan milyaran.

Jenis jenis ikan hias air laut

Jenis jenis ikan hias air laut

Tentu itu sangat menarik bukan? bagi kita kalangan awam yang hanya memandang sebelah mata, bagi para nelayan yang sebagai profesi nya di laut. Mungkin kita hanya menggangap seorang nelayan sekedar mencari dan hasil tangkapan ikan itu dimakan bagi sanak keluarganya. Padahal kalau kita lihat begitu besar penghasilan seorang yang bekerja dengan hasil jerih payah bagi sesosok kolektor ikan itu sendiri.

Kali ini saya akan membagikan kepada pembaca artikel jenis jenis ikan hias dengan harga jual yang tinggi dengan kualitas baik dan tidak membuat para konsumen serta kolektor kecewa akan membelinya. Berikut ini saya lampirkan jenis ikan hias air laut beserta nama latinnya.

Ikan Hias Dottyback

Gambar Ikan Hias Dottyback

Gambar Ikan Hias Dottyback

ikan hias air laut Dottyback yaitu merupakan jenis ikan yang tinggal diperairan laut yang beriklim tropis serta subtropis yang begitu populer yang mempunyai keberagaman terumbu karang yang indah serta melimpah. Ikan hias yang bernama ilmiah Pseusochromidae ini banyak diketemukan di perairan Indonesia, hingga kamu bisa pelihara ikan hias air laut ini dirumah.

Ikan Hias Ikan Nemo

Gambar Ikan Hias Ikan Nemo

Gambar Ikan Hias Ikan Nemo

Ikan nemo atau yang disebut clown fish ada juga yang menyebutnya dengan ikan giru, jenis ikan ini berasal dari family promacentridae yang mempunyai bentuk yang unik dari segi struktur tubuh berbentuk badut dimana memiliki stuktur waran orange dan putih yang menghiasi tubuhnya, dan tempat tinggalnya di antara rerumputan laut yang disebut anemon dimana rumah ini sebagi tempat berlindungnya dari predator pemangsa karena badannya yang bisa bersembunyi di antar rerumputan tersebut. Ikan ini juga dikenal dengan nama Ikan hias Badut Clownfish.

Ikan hias Badut Clownfish di kenal dengan nama ilmiah Amphiprioninae, banyak yang belum tahu argumen mengapa ikan hias yang cantik ini mempunyai julukan ikan hias badut. Tetapi bila diliat dari warnanya, mungkin saja karna warna badan ikan hias ini serupa dengan kostum yang umum di gunakan oleh badut. Ikan hias Badut Clownfish lebih suka berenang di antara batuan karang, hingga bila kamu menginginkan pelihara type ikan hias air laut ini mesti meletakan ornament karang supaya ikan ini terasa kerasan.

Ikan Hias Napoleon

Gambar Ikan Hias Napoleon

Gambar Ikan Hias Napoleon

Ikan yang mempunyai bahasa latin (cheilinus undulatus Ruppell)yang menjadi incaran bagi orang untuk memilikinya, di tingkat kalangan lokal para nelayan menjual ikan ini dengan harga ratusaan sedangkan kepada sindikat Hongkong, tentunya sindikat menjual dengan harga 1 jutaan ,jenis ikan ini sangatlah langka di temui ,ikan yang mempunyai salah satu bertubuh besar ikan jenis karang didunia.

Panjang maksimum Tl (Total Lenght) 90 inci ,jenis ikan ini menjadi lebih mengesankan dengan di tandai punuk menonjol yang terletak di dahinya yang menjadi suatu acuan untuk berbagai namanya. Punuk ini terbentuk di atas mata, usia tua ikan ini kan lebih nampak lebih menonjol.  Ikan napoleon terbesar didunia sumber dari harian Detik

Ciri – Ciri Ikan Hias Napoleon

Ikan yang dewasa tubuhnya akan relatif tebal, ikan ini memiliki perwarnaan berbeda dimana ikan jantan akan dimulai dari warna biru cerah sampai hijau,ungu kebiruan atau biru kehijauan yang kusam. Sedangkan ikan betina merah oranye di bagian atas dan warna cenderung pucat atau keputihan pada permukaan di daerah perutnya dan ikan ini biasanya hidup di daerah terumbu karang yang banyak terdapat makanan kesukaannya yaitu sejejnis sea urchin (bulu babi), moluska, dan krustasea, dan beberapa jenis mangsa yang beracun, karena perilaku jenis ikan ini menyukai makan hewanyang beracun mereka juga berpotensi menjadi racun bila dikonsumsi oleh manusia.(keracunan ciguastera)

Ikan Hias Botana  Blue Tangs (dory)

Gambar Ikan Botana Hias Blue Tangs

Gambar Ikan Botana Hias Blue Tangs

Blue tangs dikenal di indonesia sebagai Letersix atau dengan panggilan terpopulernya yaitu dori .ikan ini populer dengan sebutan dori dikarenakan salah satu produksi film animasi membuat judul film finding dori dimana dalam cerita tersebut blue tangs ini menjadi peran utama .ikan yang indah ini biasanya hidup diair laut dan juga ikan ini banyak di pelihara di akurium bagi pencinta ikan hias air laut.

Ikan Botana Blue Tang yaitu jenis ikan hias air laut yang cukup popular, ikan hias yang bernama latin Paracanthurus hepatus ini juga dikenal dengan nama Botana oleh grup sebagian pencinta ikan hias di Indonesia. Ikan Botana Blue Tang terdiri dari beberapa tipe yang terdiri dari botana kacamata, botana kasur dan botana biru. Ikan Botana Blue Tang juga sempat menggambarkan satu karakter ikan yang bernama “Dory” disuatu film yang berjudul “Finding Nemo”, apabila anda pernah menontonnya pasti tahu karakter dari ikan hias ini.

Habitat botana blue

Spesies ini banyak ditemukan di indo–pasifik dari afrika timur ke kiribati dan dari utara keselatan jepang, ikan ini tinggal di kedalaman hingga 40 meter karena jenis ikan ini menyukai arus deras. Jenis ikan ini ada surgeon pisces, blue barbers, blue doctors, blue doctorfishes, yellow barbers, and yellow doctorfishes. Dikarenakan ikan ini kelurga surgeon fish karena memiliki duri yang bergerak di kedua sisi ekor yang menyerupai scaples. Blue tang memiliki panjang 26-28 cm di bagian punggung lunak, kurang lebih 4 duri anal, dan 24-26 jari lunak dubur. Blue tang memiliki wana yang khas di bandingkan ikan jenis surgeon lainnya.

Habitat botana blue dapat ditemukan di samudra hindia dan samudra pasifik bagian barat,yang berkisar hasil di afrika timun di laut andaman, crismas island dan bali di indonesia, botana biru adalah ikan penghuni laut dangkal, terumbu karang pesisir pulau di kedalaman 0-25 meter.

Botana biru memiliki ukuran kurang lebih 54 cm ikan ini memiliki dasar warna biru dan dada berwarna putih dan kepala berwarna hitam dan dihiasi garis putih yang luas yang membentang dari sirip dada ke tenggorokan. Dubur dan sirip berwarna putih,sirip punggung berwarna kuning dengan pinggiran putih dan garis hitam. Sepesies ini memakan alga /ganggang tummbuhan kecil yang ditemukan di celah-celah karang. Botana biru adalah spesies yang tidak agresif terhadap spesies lainnya tetapi akan agresif terhadap sejenisnya.

Ikan Hias Yellow Tang

Gambar Ikan Hias Yellow Tang

Gambar Ikan Hias Yellow Tang

Masih tetap satu keluarga dengan ikan hias Botana Blue Tang hanya saja berbeda warna, ikan hias Yellow Tang juga begitu pas untuk diambil dan dijadikan ikan hias peliharaan untuk beberapa pemula, karna ikan hias ini cukup gampang dipelihara serta untuk jenis jenis pakan yang didapatkan juga gampang ditemukan ditoko-toko ikan hias.
Ikan hias Yellow Tang di kenal juga sebagi ikan yg bernama ilmiah Zebrasoma Flavenscens, pada kalangan spesiesnya ikan ini di kenal sebagai ikan yang paling agresif serta paling aktif dan liar.

Ikan Hias Butterfly Fish

Gambar Ikan Hias Butterfly Fish

Gambar Ikan Hias Butterfly Fish

Merupakan jenis ikan hias air laut yang gampang dipelihara selanjutnya yakni ikan hias Butterfly Fish, ikan hias yang satu ini habitat aslinya ada di perairan samudera Hindia serta Samudera Pasific. Ikan hias yang satu ini dapat cukup gampang dipelihara, hingga ikan ini cukup popular di kelompok beberapa penggemar ikan hias.

Ikan Hias Angelfish

Gambar Ikan Hias Angelfish

Gambar Ikan Hias Angelfish

ikan hias air laut yang di kenal dengan nama ilmiah Pomancanthidae ini mempunyai bentuk pipi yang lebar yang sekalian jadi ciri khas dari ikan ini. Ikan Anglefish sendiri terbagi dalam sebagian pola, tetapi nyaris semuanya Jenis ikan Anglefish mempunyai ciri khas dari motif bergaris-garis pada tiap-tiap segi badannya. Jenis ikan air laut yang satu ini cukup gampang dipelihara didalam akuarium, karna terkecuali ketahanan badannya yang cukup kuat, ikan Anglefish juga gampang menyesuaikan dengan leingkungan barunya.

 Ikan Hias Watchman Gobies

Gambar Ikan Hias Watchman Gobies

Gambar Ikan Hias Watchman Gobies

Watchman Gobies adalah satu diantara Jenis ikan hias air laut yang begitu gampang dipelihara didalam akuarium, ikan hias ini di kenal dengan nama ilmiah Cryptocentrus yang sangatlah populer karna mempunyai sebagian pola serta pola yang paling populer yakni Bluspotted serta Pink Spotted Watchman Goby.

Watchman Gobies termasuk juga ikan hias air laut yang populer begitu agresif serta mempunyai ketahanan badan yang cukup kuat dan mempunyai kekuatan renang yang begitu baik. Oleh karena itu, ikan hias ini adalah satu diantara spesies ikan air laut yang begitu pas dipelihara oleh beberapa pemula. Ikan Watchman Gobies sendiri kerap mengonsumsi udang-udang kecil, hingga tak susah untuk memperoleh makanannya.

Ikan Hias Neon Tetra

Gambar Ikan Hias Neon Tetra

Gambar Ikan Hias Neon Tetra

Paracheirodon innesi adalah julukan nama ilmiah dari ikan hias air laut Neon Tetra. Ikan hias air laut yang satu ini benar-benar sangat populer dengan ciri khasnya pada warna badannya, badan ikan hias Neon Tetra berwarna keemasan serta mempunyai garis tidak tebal berwarna biru serupa dengan lampu neon pada dari mulai sisi belakang badannya sampai ke sisi dekat matanya.

Habitat asli

Habitat asli dari ikan hias ini yakni ada di lokasi laut Kolombia serta Peruguay

Ikan Hias Lion Fish

Gambar Ikan Hias Lion Fish

Gambar Ikan Hias Lion Fish

Ikan hias Lion Fish memang memiliki betuk tubuh yang cukup terbilang  menyeramkan, namun inilah keunikan dari ikan hias ini yang memiliki nama ilmiah Pterios. Ikan hias Lion Fish memiliki beberapa ornamen unik yang menempel pada tubuhnya yang cukup mirip dengan duri. Sebelum memilihara ikan hias ini, sudah pastikan anda selektif jika akan disatukan dengan jenis ikan hias air laut lainnya, dikarnakan jenis pakan dari Lion Fish berbeda dengan jenis pakan ikan hias air laut lainnya.

Demikian ulasan menegai Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Untuk di Pelihara dari saya Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi anda yang membacanya terimkasih.

Beragam Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Untuk di Pelihara | M rian saputra | 4.5
/* */