Jenis Burung Kacer

Tips Rahasia Cara Merawat Burung Kacer Juara – Bagi para pecinta burung tentu saja tidak asing dengan jenis dan nama burung yang satu ini, yaitu burun Kucica Kampung atau pada umumnya di masyarakat lebih dikenal dengan nama burung Kacer. Burung yang satu ini diketahui masuk dalam salah satu burung penyanyi. Di Indonesia, pemelihara burung Kacer tersebut banyak sekali, sehingga tidak susah dikenali oleh masyarakat.

Apalagi belakangan sudah banyak terbentuk komunitas-komunitas burung Kacer di Tanah Air, yaitu sekumpulan orang pecinta burung Kacer. Burung penyanyi tersebut di Indonesia hadir dengan dua buah warna campuran yaitu berwarna hitam dan putih. Banyak jenis dari burung Kacer tersebut di tanah air.

Contohnya burung Kacer Poci Dada Putih, Burung Kacer Jawa atau identik dikenal kacer hitam, Burung Kacer Madagaskar, Burung Kacer Kalimantan dan Kacer Blorok. Ke semua jenis burung kacer ini adalah incaran banyak masyarakat apalagi para pecinta burung bernyanyi.

Kacer Juara

Banyak alasan mengapa orang-orang memilih untuk memelihara burung bernyanyi ini. Diantaranya tak sedikit dari mereka beralasan untuk menjadikan hewan tersebut sebagai binatang peliharaan karena memiliki suara yang merdu serta bisa didengar setiap hari.

Ada pula yang bertujuan memelihara burung Kacer untuk dibudidayakan dan dibisniskan. Tak sedikit pula para Kacer mania memanfaatkan burung tersebut untuk ditarungkan dengan burung sejenis, karena sudah bukan rahasia lagi diketahui burung Kacer ini memiliki sifat petarung yang cukup tangguh diantara burung lainnya.

Burung yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri ketika dilomba atau bertarung. Ia memiliki suara cukup lantang serta ekornya terbuka bagaikan kipas ketika hendak bertarung. Badan burung Kecer bisa meliuk ketika diadukan dengan burung lainnya, badannya bisa tegap, cengkraman kakinya juga kuat.

Burung kacer juara tentu saja merupakan impian banyak orang para Kacer mania, akan tetapi tentu tidak mudah untuk mendapatkan burung seperti ini. Anda harus benar-benar memperhatikan hal-hal penting supaya bisa mendapatkan burung Kacer juara, diantaranya :

    1.  Memperhatikan makanan burung, pakan burung adalah hal pnting yang harus anda perhatikan, pilih pakan yang sesuai dengan burung Kacer anda, di pasaran banyak sekali merk-merk untuk pakan burung tersebut, namun anda harus memilih pakan burung yang khusus untuk burung petarung supaya memiliki kekuatan lebih.
    2. Mandikan burung secara teratur, atur jadwal yang konsisten untuk memandikan burung anda. Anda harus rutin memandikan burung ini karena dia merupakan jenis burung yang tak suka mandi sendiri dalam sangkarnya.
    3. Menjemur paling tidak selama satu sampai 3 jam, karena hal ini penting, angin-anginkan burung Kacer anda.
    4. Pengembunan, hal ini bisa anda lakukan pada saat pagi hari bahkan sebelum fajar keluar. Lakukan mulai dari waktu subuh. Nantinya burung anda bisa mengalami perkembangan secara signifikan terutama dalam hal suara.

Karena burung Kacer ini memiliki banyak jenis, tentu saja harga kacer yang dijual di pasaran ini tidak memiliki harga tetap atau sama. Harganya berbeda-beda tergantung pada performa dan jenis dar burung Kacer tersebut. Ada beberapa varian harga yang ditawarkan di pasaran. Tentu saja, sebelum hendak membeli burung Kacer ini, anda harus terlebih dahulu mengenali berbagai jenis burng Kacer serta harga yang dijual di pasaran pada umumnya.

Dengan begitu maka anda akan mengetahui dan bisa mengancang-ancang burung apakah yang hendak dibeli menyesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang anda miliki. Informasi tentang harga burung Kacer tentu saja penting bagi anda ketahui apalagi bagi yang masih baru dan awam dalam dunia Kacer mania. Harga burung kacer betina biasanya dibandrol lebiih murah sekitar Rp 200 ribuan sampai Rp 4 ribuan. Sementara untuk kacer Jantan bisa berkisar antara ratusan hingga harga jutaan. Masih banyak lagi jenis dan variasi harga burung Kacer, namun pada umumnya harga dari burung Kacer tersebut bisa sekitar ratusan sampai jutaan.

Baca Juga :

jenis burung Kacer

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi tentang jenis kacer yang ada saat ini, maka tepat sekali anda membuka artikel kali ini yang membagikan informasi tentang jenis burung Kacer serta bagaimana kriterianya yang ada. Jenis-jenis burung Kacer sendiri terdiri dari :

Kacer Poci

1. Kacer Poci, merupakan jenis burung yang memiliki perawakan serta kicauan gacor ngobra yang sungguh mengesankan dan menggairahkan bagi para pecinta burung Kacer. Nama lain burung ini adalah Kacer Sumatera hadir dengan ciri-ciri unik sehingga mudah anda kenali. Varian warna bulunya hitam dan putih. Memiliki warna bulu dada putih, warna bulu pada punggungnya berwarna hitam. Bola matanya memiliki warna hitam pekat. Burung ini tersebar cukup luas mulai dari indonesia, China, Nepal, India, Thailand, Malaysia.

Burung Kacer Poci

Burung Kacer Poci

Burung Kacer Lokal

2. Burung Kacer Lokal, masuk dalam keluarga Muscicapidae, burung ini cukup menarik untuk dimiliki. Burung ini memiliki daya tarik tersendiri daripada burung jenis lainnya yaitu terletak pada warna bulunya yang hitam. Untuk dapat mengenalinya, burung kacer Lokal tersebut memiliki ciri khas cukup unik untuk mudah dikenali yaitu memiliki warna seluruh tubuh hitam pekat. Namun warna sayap burung ini memiliki perbedaan warna hitam dan putih.

Burung Kacer Lokal

Burung Kacer LokalBurung Kacer Lokal

Kacer Madagaskar

3. Kacer Madagaskar, untuk jenis burung yang satu ini sebenarnya memiliki kriteria yang juga tidak beda jauh dengan jenis lain sebangsanya. Oerbedaannya terltak pada bulunya. Warna bulu dari burung Kacer jenis ini sedikit kebiru-biruan.

Burung Kacer Madagaskar

Burung Kacer Madagaskar

Sebenarnya masih banyak lagi jenis burung Kacer lainnya yang tidak disebutkan disini. Bagi para pembudidaya burung Kacer, pastilah ingin memelihara berbagai jenis burung Kacer baik itu Kacer betina ataupun jantan. Ada banyak faktor yang bisa dijadikan pembeda antara jenis betina dan jantan dari burung Kacer tersebut.

Biasanya untuk jenis jantan akan memiliki postur badan lebih tegap dan gagah jika dibandingkan dengan burung Kacer betina. Warna Kacer jantan umumnya lebih terang bahkan terlihat mengkilap dibandingkan warna bulu burung kacer betina. Satu lagi ciri yang tampak melekat diantara keduanya adalah tarikan gesit dan agresif lebih dominan ke kacer jantan dibandingkan betina.

Ada banyak cara yang bisa anda terapkan untuk melakukan ternak kacer supaya bisa menguntungkan anda. Supaya anda tidak mendulang kerugian tentu saja ada beberapa tips dibawah ini yang sengaja disiapkan untuk peternak burung Kacer, meliputi :

1. Perhatikan kandang ternak
2. Indukan burung Kacer
3. Perjodohan, maksudnya anda bisa memasukkan indukan jantan burung ini ke penangkaran.
4. Periode bertelur burung ini bertelur 2 sampai 3 butir.
5. Pengeraman bisa berkisar sampai 14 hari
6. Penetasan akan terjadi setelah masa pengeraman selesai.
7. Meloloh, pada saat burung dalam keadaan seperti ini, anda harus mencukupi asupan makanan berupa makhluk hidup seperti ulat, kroto, jangkrik dan belalang.

Agar bisa mendapatkan burung kacer gacor yang didambakan banyak orang tentu saja kiat-kiat yang telah diberikan diatas patut anda teladani. Anda perlu melakukan hal-hal seperti memandikan, memberi makan dengan pakan yang baik serta menjemurnya supaya bisa mendapatkan burung kacer yang gacor.

Demikian lah ulasan dari saya mengenai Jenis Burung Kacer Tips Rahasia Cara Merawat Burung Kacer Juara, semoga ulasan kami bisa memberikan ilmu dan semoga bisa bermanfaat. Terimakasih

jenis kacer terbaik,jenis jenis kacer dan harganya,jenis kacer yang sering dilombakan,jenis kacer yang bagus untuk lomba,harga kacer jawa,perbedaan kacer sumatra dan jawa barat,perbedaan kacer sumatra dan kalimantan,kacer kalimantan

Jenis Burung Kacer | M rian saputra | 4.5
/* */