Jenis Burung Murai Batu Yang Paling Diminati Di Indonesia

Burung Murai Batu Yang Paling Diminati – Di dunia ini terdiri dari banyak sekali jenis burung yang bisa dikenali, setiap macam burung pastilah memiliki nama yang tak sama, kali ini kita akan membahas tentang burung murai batu yang cukup banyak dikenal masyarakat. Burung yang satu ini cukup banyak menyita perhatian karena memiliki bentuk yang unik dan tentunya berbeda dengan burung jenis lainnya. Popularitas burung ini di Indonesia juga terkenal tinggi pasalnya memiliki postur atau bentuk yang cantik dan mencuri banyak orang untuk memeliharanya. Apalagi ketika burung ini ditarungkan dengan burung murai batu lainnya maka mereka akan mulai memperlihatkan bentuk posturnya yang begitu indah dan menawan.

Burung Murai Batu

Burung Murai Batu

Membahas tentang jenis murai batu yang ada di dunia ini terdiri dari banyak sekali jenisnya. Apabila anda tertarik untuk mengoleksi atau membeli burung jenis tersebut dirumah, tentu sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya serta kriteria yang dimiliki oleh burung tersebut sehingga bisa menambah pengetahuan sebelum akan membelinya. Tak perlu penasaran karena dibawah ini telah kami sajikan informasi khusus untuk anda tentang jenis-jenis burung murai batu tersebut.

1.Burung Murai Batu Medan, untuk jenis burung seperti ini memiliki ciri khas yang bisa menjadikannya pembeda dengan jenis burung murai batu lainnya terletak pada adanya ekor panjang bahkan lebih panjang dari 30 cm dan berbentuk lengkungan. Warna bulunya cukup bervariasi, biasanya untuk jantan bulunya berwarna merah bata dan hitam, perbedaan warnanya begitu mencolok, disertai pula oleh kombinasi bulu warna putih di ekor serta sayap sehingga membuat postur badan dari burung tersebut begitu elok. Burung ini juga memiliki kekuatan tempur yang tinggi, kicauannya cukup nyaman didengar dan bervariasi serta memiliki volume suara yang nyarng

2.Burng Murai Batu Aceh, untuk jenis burung yang satu ini mulai susah ditemukan di Aceh daerah asalnya. Perbedaan antara burung muai batu aceh dan medan tak begitu banyak sehingga cukup sulit untuk membedakan kedua jenis burung tersebut. Namun biasanya ekor yang dimiliki oleh burung ekor murai batu Aceh ini lebih pendek sekitar 27 cm. Ekor yang dimiliki oleh burung satu ini cukup cantik dibandingkan jenis burung lainnya.

Baca Juga: Jenis Burung Kacer Tips Rahasia Cara Merawat Burung Kacer Juara

3.Burung Murai Batu Nias, tidak terlalu sulit untuk menebak jenis burung yang satu ini, apabila anda menemukan burung murai batu yang ekornya memiliki warna hitam secara keseluruhan maka bisa ditebak itu adalah jenis nias. Memiliki suara yang begitu nyaring serta mampu beradaptasi dengan cepat, burung ini pun mudah dijinakkan apabila harus berpindah-pindah tempat. Akan tetapi, banyak orang yang kurang tertarik untuk jenis burung satu ini pasalnya hanya hadir dengan warna hitam saja, padahal kemampuan burung ini cukup tinggi, ia juga bisa merekam suara lebih cepat daripada burung jenis lain.

4.Burung Murai Batu Lampung memiliki ekor yang tak begitu panjang hanya berkisar antara 12 sampai 18 centimeter saja. Burung ini memiliki bentuk badan yang unik dan khas. Pada bagian kepala, leher dan tubuhnya terlihat berukuran besar dibanding ukuran burung jenis lain. Memiliki tingkat daya tempur yang tinggi. Apabila anda hendak memelihara burung ini, maka anda memerlukan pemasteran yang cukup baik agar bisa menutupi kelemahan yang dimiliki. Burung ini memiliki power yang cukup baik.

5.Burung Murai Batu Borneo atau yang biasa disebut berasal dari Kalimantan burung yang satu ini ukuran ekornya malah tambah kecil hanya 8 sampai 13 cm saja. Burung yang satu ini memiliki sifat yang tak ditemukan pada burung lainnya yaitu bisa membusungkan dada saat bertarung dengan jenis burung murai batu lainnya. Sifatnya lebih agresif bahkan terkesan ngotot apalagi saat bertarung. Bunginya lebih ngeban atau mengulang dan memiliki suara sedikit mendem.

Jenis Burung Murai Batu

Jenis Burung Murai Batu

Selain jenis burung yang disebutkan diatas, pada dasarnya masih banyak lagi jenis burung murai batu lainnya yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, baik dari segi performa, power yang dimiliki, suaranya, variasi warna bulunya serta hal-hal lain. Burung murai batu menjadi salah satu burung favorit apalagi bagi para pecinta burung di Indonesia. Saat ini, memelihara dan mengadakan kontes burung sedang marak dilakukan dan menjadi tren yang mengubah gaya kehidupan seseorang. Sehingga tak sedikit orang-orang yang berlomba-lomba untuk dapat mengoleksi burung murai batu cantik dari bagian luarnya dan cukup baik daya tarung yang dimiliki.

Burung Murai Batu

Burung Murai Batu

Hal inilah kemudian menjadi suatu peluang bagi para pebisnis ulung untuk mendapatkan keuntungan. Mereka memanfaatkan momen seperti ini untuk menjadikan burung murai batu sebagai bisnis baru ladang penambah penghasilan mereka. Sudah banyak beredaran toko yang menjual belikan burung mirai batu dengan berbagai jenis dan ketangguhan yang dimiliki. Bahkan tak sedikit pula dari para pengoleksi yang juga turut menjual belikan burung murai batu untuk memenuhi permintaan pasar.

Baca Juga:

Harga murai batu yang ditawarkan pun tentu saja tidak sama, harga tergantung pada jenis burung tersebut serta bagaimana performa yang dimiliki olehnya. Di pasaran sendiri, harga main untuk tiap pembelian burung murai batu bisa dimulai dari harga ratusan bahkan sampai jutaan. Perbedaan tersebut tentu saja tergantung pada adanya corak warna, postur tubuh yang indah, variasi suara serta ketangguhan ketika bertarung dengan burung murai lainnya, karena hal ini menjadi pertimbangan cukup serius bagi para pecinta burung batu murai.

Burung murai batu gacor merupakan salah satu jenis burung murai yang ramai dipasaran. Hal tersebut karena suaranya yang cukup nyarng dan luar biasa sambil teler sehingga menjadi kunci banyak orang untuk tertarik memiliki burung jenis satu ini. Tak hanya suaranya yang keras namun kelebihan lain yang dimiliki oleh burung tersebut adalah mentalnya cukup kuat sehingga bisa handal ketika harus bertarung dengan burung lain yang sejenis.

Salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik untuk memelihara dan memiliki burung murai batu tersebut adalah terletak pada suaranya yang khas. Ya diketahui bahwa kicau murai batu ini cukup nyaring dan keras, bahkan semakin keras suaranya maka semakin mahal pula harga yang dibandrolnya.

Jenis burung murai batu lampung yang juga masuk sebagai spesies burung asli Indonesia sering kali ditemukan di pasaran. Burung yang satu ini memiliki ciri yang sama seperti burung murai batu Aceh mungkin karena daerahnya yang tidak terlalu jauh. Namun perbedaan yang mencolok terdapat pada bentuk badan yang dimiliki oleh burung murai batu lampung ini lebih besar dibandingkan Medan.

Akan tetapi meskipun begitu seperti yang telah disinggung diatas, ekor burung murai batu Medan ini cukup panjang bahkan paling panjang dibandingkan ekor burung murai batu jenis lainnya. Memiliki panjang ekor lebih dari 30 cm menjadi kelebihannya tersendiri untuk menarik banyak orang membeli dan mengandalkannya untuk dipelihara.

Demikian ulasan mengenai Jenis Burung Murai Batu Yang Paling Diminati Di Indonesia, semoga ulasan diatas bisa memberikan maanfaat. Terimakasih

Jenis Burung Murai Batu Yang Paling Diminati Di Indonesia | M rian saputra | 4.5