Tips Mudah Cara Memandikan Kucing Dewasa dan Anakan di Rumah

Cara Memandikan Kucing Dewasa Dan Anakannya -Baik itu kucing persia maupun kucing anggora dan juga kucing jenis lainnya. Pasti kita pernah merasakan ketakutan dalam memandikan kucing, nah untuk itulah kali ini kita akan membahas bagai mana langkah langkah memandikan kucing yang baik dan benar tampa menyiksa kucing itu sendiri, ada beberapa sebagian kucing sangat tidak menyukai air, tetapi ada juga sebagian kucing yang tidak terlalu keberatan bergelut dengan air, biasannya Kucing Jenis Maine Coon tidak takut dengan air.

bedahalnya dengan kucing persiadan anggora terkadang mereka tidak terlalu menyukai air. Selayaknya manusia kucing sebenarnya juga butuh yang namannya mandi, mengapa kucing butuh mandi? Ini pasti anda pertannyakan, ya secara hewani kucing memang hewan yang tidak menyukai air, mandi adalah sebagian dari cara kita untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dari kucing itu sendiri.

Cara Memandikan Kucing

Cara Memandikan Kucing

Terlebih lagi kalau kucing yang sangat aktif bergerak kesana kemari, sudahlah pasti bulu bulunya akan kotor jika dia bermain diluar ruangan, sudah jelas virus dan bakteri akan menempel pada bulu dan kulitnya yang bisa menyebabkan penyakit pada kucing, itu sebabnya kita harus benar benar menjaga kesehatan bulu dan kulit sikucing tersebiut agar terhindar dari penyakit seperti parasit toxoplasma gondii juga dapat menular pada manusia dan juga bartonella henselae. Bakteri kucing toxoplasma gondii  dan bartonella henselae yang dapat menular pada manusia bisa mennyebabkan alergi dan penyakit saluran pernafasan pada pemiliknya seperti asma. Oke cukup sekian kita basa basinya marikita lanjut bahas tentang.

Langkah langkah Cara memandikan kucing, Hal yang pertama yang perlu kita lakukan adalah niat dan persiapan tentunya 😃. Heheheee

Oke disini kita memerlukan persiapan peralatan yang harus kita sediakan sebelum kita memandikan kucing kita. Yang harus di siapkan : Wastafel/bak mandi, baskom besar kalau tidak punya wastafel. Air hangat, Shampoo cat, Handuk, Busa, Sisir kucing dan handuk. Sikat bila anda memiliki kucing yang bulunya panjang, wadah bilas untuk membilas kucing nantinya, karet tikar untuk di letakkan di wadah westafel agar kucing tidak terpeleset saat di mandikan, perlu diingat shampoo kucing tidak sama dengan shampoo pada umumnya yang di gunakan oleh manusia disini kita membutuh kan shampoo khusus untuk kucing biasanya di supermarket menjual shampo untuk kucing, apa bila kita memaksakan menggunakan shampoo yang kita gunakan pada umumnya ya siap siap menerima resiko yang bisamenyebabkan kucing anda mengalami iritasi pada mata kucing anda,  bilakita belum terbiasa memandikan kucing sendirian hendak lah kita meminta pertolongan dari orang lain, agar memandikannya bisa  memudah kan kita dalam memandikan kucing agar tidak keteteran nantinya.

Cara Memandikan Kucing Persia Dan Kucing Lainya

langkah yang pertama:

bawa lah kucing anda ke kamar mandi, di dapur ataupun di mana saja yang sekirannya cocok ataupun yang serasa pas bagi anda untuk memandikan kucing, pada proses ini kucing yang sudah terbiasa dengan air pasilah mudah jinak tidak berontok dan memberikan perlawanan seperti kucing yang pada umunnya baru terkena air dikarnakan kucing tersebut panik, jika anda memandikannya di kamar mandi hendak lah pintu kamar mandi anda di tutup supaya kucing anda tidak lari saat dia mengamuk, seran dari saya usaha kan anda tetap berfikir tenang dan bersikap normal agar nantinya sikucing anda tidak ikutan panik.

Baca Juga :

Langkah yang ke dua:

isi lah bak mandi anda dengan air hangat ya kira kira 4-5 inci tinggi airnya, disini anda perlu memeriksa suhu air, jangan nantinya terlalu panas yang bisa membuat kucing merasa kurang nyaman, gunakanlah kedua tangan anda saat meletakkan kucing kedalam air dan usahaakan anda tidak gugup meskipun semisalnya ini pertamakalinya anda memandikan kucing anda.

Langkah yang ke tiga:

Basahi kaki kucing terlebih dulu sebelumnya kita membasahi sisi lain dari badan kucing, biarkan kucing melakukan penyesuaian awal yang diperlukan oleh kucing, usakan buat kaki sikucing berendam dan berdiri di dalam air dengan empat kakinya, usahakan ajak sikucing berkomunikasi apa bila kucing anda terus terusan memberi penolakan anda perlu menyelesaikan usaha anda untuk memandikan kucing, supaya agar sikucing tidak setres nantinya, gunakanlah handuk untuk mengeringkan kakinya, dan cobalah dihari lainnya, jangan pernah memaksa kucing bila dia belum mau atau terbiasa dengan air itusaran saya.

Langkah yang ke empat:

Apa bila dilangkah sebelumya berjalan dengan lancar, kita bisa membasahi bagian tubuh dari kucing, pelan pelan agar kucing tidak kaget, hindarilah untuk membasahi bagian dari wajahnya, setelah itu anda pastikan terlebih dahulu bahwa semua bagian bulukucing sudah basah sebelum anda memberikannya Shampo, cara memandikan kucing dengan shampo cukup hanya menuangkan shampo secukupnya ke badan kucing dan mengosoknya dengan perlahan, lembut sampai berbusa.

Langkah yang ke lima:

Nah setelah anda rasa selesai memberikan shampo dan mengosok dan serasa telah bersih, lanjutkan lagi dengan proses membilasnya, gunakanlah air hanggat yang telah anda ukur kehanggatannya supaya kucing merasanyaman, pastikan tidak ada sisa busa ataupun sabun yang masih menempel dibulu kucing anda, dikarnakan apa bila masih ada sisa shampo yang menempel di badan atau bulu kucing ada bisamenyebabkan iritasi pada kulitnya, tentu saja hal ini bisa sangat ber bahaya bagi kesehatan kulit kucing anda.

Langkah yang ke enam:

Memandikan Kucing

Untuk langkah yang ini adalah membersihkan bagian mukannya dengan menggunakan lap yang sudah terlebih dahulu di basahkan menggunakan air hanggat, saran dari saya sebaiknya anda jangan langsung menyipratkan air secara langsung ke mukannya, itu bisa menyebabkan kucing akan kaget dan pasti akan berontak dan marah.

Langkah yang ke tujuh:

Setelah semua langkah seperti menyampo membilas dan membersihkan mukanya, bawalah kucing anda keruanggan terbuka, terbuka bukan berati diluar ya maksutnya di teras jangan, ntar malahkucingnya kabur dan maintanah lagi dan ujung unjungnya kotor lagi, pada langkah kaliini yaitu untuk mengeringkan kucing anda, gunakanlah handuk kering yang bersih untuk di gunakan membukus kucing keluar dari wastafel, bungkus dan letakkan kucing di tempat yang aman dan kering, anda bisa juga menggunakan hair dryer yang sering digunakan untuk mengeringkan rambut kita gunakan untuk mengeringkan bulu kucing agar lebih cepat keringnya, namun apa bila kucing tidak merasanyaman dengan suara yang di timbulkan hair dryer jangan dilanjutkan, anda cukup menggunakan handuk saja untuk mengeringkan bulu bulunya, nah setelah tersa cukup kering bulunya alangkah baiknya kita sisir bulu kucing ini agar keliatan rapi dan tidak berantakan.

Cara mudah Memandikan kucing

Bagi saya sendiri sebenarnya memandikan kucing tidak ada cara yang terlalu khusus yang perlu di lakukan, ini semua tergantung dari sikap kita sendiri terhadap hewan peliharaan kita. Bagai mana kita menyikapinya saat dia marah dan saat dia tidak mau mandi, yang paling pertama saran saya adalah tetap tenang dang usahaakan jangan panik, sebagai mana kucing ibaratkan seperti cerminan anda semakin panik anda maka akan semakin panik pula kucing anda.

Cara memandikan Anak Kucing

memandikan anak kucing jauh lebih gampang dan mudah ketimbang memandikan kucing dewasa. Kucing dewasa lebih cenderung agak malu-malu untuk kita mandikan jadi butuh peroses yang agak sedikit lama untuk memandikannya, maka dari itu semakin kecil kucing yang kita kenalkan dengan air maka akan semakin cepat proses kucing ini mengenal air dan semakin mudah untuk di mandikan, semakin dewasa kucing yang kita kenalkan dengan air maka semakin tinggi pula tinggkat kesusahannya kita kenalkan dengan air.

cara memandikan anak kucing

Untuk memandikan anak kucing bukan saya bilang gampang itu segampang ucapan saja ya, disini kita juga harus mengetahui tehnik khusus agar sikucing terbiasa dan manut aja kalau kita suruh diam atau lainnya. Berikut ini cara-cara memandikan anak kucing yang baik dan benar.

Pertama-tama anda harus mengatur temperatur suhu air dan level ketinggian dari air, agar tidak kepanasan dan jangan sampai nantinya anak kucing ini tengelam gara gara airnya terlalu tinggi.

Gunakanlah Shampo kucing yang khusus untuk kucing anakan, sama halnya dengan memandikan kucing dewasa cuman perbedannya kucing anakan bisa kita kendalikan bilaia mulai berontak, pastikanlah anda membilas dengan bersih, jangan sampai ada shampo yang masih menempel,cuci wajahnya dengan menggunakan lap, jangan gunakan shampo pada mukannya, jangan memasukkan kepala nakkucing ke air ntar anak kucing bisa troma. Biasakan anda berkomuni kasi dengan nya agar anak kucing merasa tenang, gunakan handuk yang kering untuk mengeringkan bulunya yang basah, saran saya jangan gunakan hear dryer ingat ini nakan kucing kulinya masih rentan.

Demikianlah  informasi dari mengenai Cara Memandikan Kucing Dewasa Dan Anakannya, semoga bisa memberikan manfaat dan memudahkan Anda dalam memandikan kucing yangbaik dan sehat tentunya  agar kesehatan dan pertumbuhan kucing anda bisa meningkat. Terimakasi

 

Tips Mudah Cara Memandikan Kucing Dewasa dan Anakan di Rumah | M rian saputra | 4.5