Sedang memuat Ciri Ciri Ikan Nila Siap Pijah+Cara Membedakan Ikan Nila Jantan Dan Betina ...

Ciri Ciri Ikan Nila Siap Pijah+Cara Membedakan Ikan Nila Jantan Dan Betina

Wednesday, May 24th, 2017 - Ikan, Kumpulan Tips dan Cara

Ciri Ikan Nila Siap Pijah Dan Cara Membedakan Ikan Nila Jantan Dan Betina – Pada budidaya ikan nila sudah tentu kita akan menghasilkan benih atau Larva jantan atau betina atau bisa juga disebut dengan bayi ikan nila, alangkah baiknya bayi atau benih  ikan nila jantan dan nila betina tersebut Ditempatkan di kolam yang terpisah.

Nah hal ini tentunya akan membantu para petani ikan bisa membedakan perbandingan pertumbuhan antara nila jantan dan nila betina pada umumnya mungkin membedakan nila jantan dan nila betina yang masih berumur benih memanglah agak sedikit sulit.  Sebaiknya kita menunggu hingga bibit ikan nila berumur 1 bulan lebih.

Pemisahan kolam nila jantan dan  Nila betina bertujuan untuk membantu petani agar bisa menganalisa sendiri percepatan pertumbuhan antara dua Jenis Nila ini,  untuk dari segi keuntungan besaran nila jantan sendiri memang lebih agak memakan waktu yang mana ikan nila jantan 40% nya dapat tumbuh lebih cepat daripada Nila betina, Mengapa demikian? alasannya adalah ikan nila betina yang telah mencapai bobot 50-80gram pertumbuhannya agak sedikit menurun dikarenakan sifat alaminya bertelur. Nah berikut ini tips-tips cara membedakan  ikan nila jantan dan betina.

gambar perbedaan ikan nila jantan dan betina

gambar perbedaan ikan nila jantan dan betina

Ikan Nila Jantan

Secara alami setiap makhluk hidup memiliki alat kelamin termasuk juga ikan, alat kelamin Ikan sendiri berada pada bagian bawah tubuhnya,  ikan nila jantan mempunyai alat kelamin yang berbentuk meruncing yang berada di bawah ekor terdapat pula dua lubang, yaitu lobang urogenital batu lobang ini berfungsi untuk membuang urin dan juga sperma, nah sedangkan satu lubang lagi fungsi untuk membuang kotoran bisa juga disebut dengan anus.

Bentuk ikan nila jantan tersendiri juga bisa dibedakan dengan cara kita melihat fisiknya yang cenderung agak lebih besar daripada Sisi ikan nila betina. Ikan nila jantan sendiri juga mempunyai sifat yang cenderung lebih agresif dan Gesit lincah ketika berenang di dalam air dibandingkan dengan ikan nila betina.

Bukan itu saja salah satu cara untuk membedakan ikan nila jantan lalu di salah satu alternatif untuk membedakan ikan nila jantan dan betina yaitu dengan mengurut urut perut ikan nila jantan biasanya akan mengeluarkan cairan bening di  di lubang pada bagian ekor.

Ikan Nila Betina

Untuk ikan nila betina Kita juga Mengapa mengetahui melalui alat kelaminnya, jika kita Perhatikan dengan seksama alat kelamin ikan nila betina Terlihat agak menyerupai seperti bulan sabit, jelas sekali terlihat perbedaannya dengan ikan nila jantan. Ikan nila betina sendiri mempunyai tiga buah lubang di dekat ekor sedangkan yang jantan hanya memiliki dua lubang.

Fungsi dari 3 lubang tersebut diantaranya lubang urin lubang telur dan juga lubang anus, selain itu juga sirip ikan nila betina sendiri agak cenderung lebih berwarna kehitaman dan juga sedangkan warna dagu agar terlihat berwarna lebih putih hantu di bagian perut ikan nila betina juga lebih agak terlihat menggembung dibandingkan dengan ikan nila jantan.  

Bentuk hidung dan rahang belakang pada ikan nila jantan agak melebar dan berwarna biru muda pada ikan betina bentuk hidung dan rahang belakang nya agak  terlihat lancip dan berwarna kuning. Di bagian Sirip yang ada di bagian punggung dan sirip ekornya ikan nila jantan berbentuk menyerupai garis-garis putus nah sementara pada ikan nila betina garis-garisnya berlanjut tidak putus dan agak terlihat melingkar.

Demikian ulasan mengenai Cara Membedakan Ikan Nila Jantan Dan Betina dari saya, semoga bermanfaat. Terimaksih

Ciri Ciri Ikan Nila Siap Pijah+Cara Membedakan Ikan Nila Jantan Dan Betina | M rian saputra | 4.5