Sedang memuat Cara Perawatan Cucak Jenggot Terbaru ...

Cara Perawatan Cucak Jenggot Terbaru

Wednesday, October 4th, 2017 - Burung

Tips Perawatan Cucak Jenggot Terbaru – Namun, tidak keseluruhan burung cucak jenggot medan yang mampu menunjukkan keahliannya dalam berkicau, tidak sedikit diantaranya yang hanya mampu berkicau indah ketika sekali waktu atau juga dapat pada malam hari. Hal ini tentu menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi para pemiliknya.

Burung Cucak Jenggot Sumata

Kendati demikian, nampaknya Anda tidak perlu khawatir karena hal ini dapat diatasi dengan sangat mudah, yakni dengan melakukan perawatan dan terapi burung secara teratur. Selain memandikan pada malam hari, terapi burung yang harus dilakukan ialah pengembungan, yakni mengeluarkan burung pada pagi hari sekitar pukul 05.00 WIB.

Kemudian mandikan lagi hingga basah kuyup dan segera angin-anginkan sekitar 15 menit. Sekitar pukul 08.00 WIB atau ketika matahari telah mulai panas, jemurlah burung ini selama 1 hingga 2 jam. Usai dijemur, letakkanlah di teras sekitar 10 menit untuk diangin-anginkan, kemudian kerondonglah sangkarnya.

Baca Juga: Cara Memilih Burung Pleci Yang Bagus Dan Cara Membedakannya

Mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, burung dapat dimaster dengan suara burung cucak jenggot, kemudian sekitar pukul 15.30 WIB, burung dapat diangin-anginkan atau juga dapat dimandikan. Pada pukul 18.00 WIB, sangkar kembali dikerondong dan burung diberikan suara master dari jam istirahat hingga pagi berlangsung.

Tips Memandikan Cucak Jenggot

Memandikan Cucak Jenggot

Hampir sama dengan burung cucak jenggot medan, burung cucak jenggot jawa pun harus mendapatkan terapi yang demikian untuk memperoleh kualitas yang bagus. Selain terapi, makanan juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kicauan burung cucak jenggot jawa. Makanan yang tepat untuk jenis burung kicau ini salah satunya ialah voer.

Voer merupakan makanan yang mengandung protein dalam kadar yang sedang, yakni antara 12 hingga 18 persen. Agar kesehatannya tetap terjaga, pastikan bahwa voer senantiasa ada di dalam kotak makan burung cucak jenggot dan sebaiknya ganti secara rutin tiap dua hari sekali.

Selain itu, buah-buahan juga merupakan jenis makanan yang sangat disukai oleh burung ini. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat buah-buahan segar dapat memperlancar pencernaan. Buah-buahan yang tepat ialah apel, pepaya, tomat, pisang kapok dan buah lainnya.

Baca Juga: Macam Macam Jenis Jalak Terbaik Di Dunia Lengkap Dengan Hargannya

Jenis burung cucak jenggot lainnya yang tak kalah menawannya ialah burung cucak jenggot sumatra. Perawatan dari burung cucak jenggot sumatra pada dasarnya juga hampir dengan jenis burung cucak jenggot lainnya. Selain makanan utama, berbagai burung cucak jenggot juga perlu diberikan makanan tambahan, baik berupa ulat bambu, jangkrik, ktoro, belalang dan lain sebagainya.

Pemberian makanan tambahan untuk burung cucak jenggot yang bagus ini tentunya disesuaikan dengan karakter dari tiap-tiap burung yang dimilikinya. Namun, pemberian makanan ini tentunya harus dengan takaran yang tepat, misalnya kroto segar yang diberikan harus ditakar hanya 2 sendok teh minimal 3 kali dalam seminggu.

Sedangkan untuk pemberian makanan berupa jangkrik, ada baiknya Anda memotong bagian kepala dan bagian kakinya, kemudian masukkanlah potongan jahe ke dalam tubuh jangkrik tersebut. Berbagai perawatan ini ditujukan agar diperoleh cucak jenggot juara yang mampu berkompetisi dengan baik.

Trimakasih!!!

Cara Perawatan Cucak Jenggot Terbaru | M rian saputra | 4.5