Tips Cara Berternak Kambing Yang Baik Dan Benar

Tips Cara Ternak Kambing Yang Benar – Ternak kambing merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan di Indonesia. Tak hanya daging sapi, daging kamping pun menjadi salah satu daging favorit masayarakat Indonesia. Permintaan dipasaranpun juga cukup tinggi. Tak heran jika usaha ternak kambing menjadi salah satu usaha yang cukup menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Alasan masyarakat Indonesia gemar mengonsumsi daging kambing adalah karena jika dimasak dengan benar dan baikk maka daging kambing akan menjadi kudapan yang sanga lezat. Contoh masakan daging kambing yang selalu diburu oleh masyarakat Indonesia adlah seperti gule, sate, tongseng, kambing guling dan masih banyak lagi.

Dengan tingginya minat masyarakat terhadap daging kambing, maka secara otomatis permintaan daging kambing di pasar semakin meningkat. Namun hingga saat ini permintaan daging kambing di pasar belum terpenuhi dengan sempurna hingga pada akhirnya harus melakukan impor daging kambing dari negara tetangga. Dengan adanya kenyataan tersebut maka usaha dengan beternak kambing merupakan salah satu peluang yang sangat baik untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin membludak.

Ternak Kambing

Ternak Kambing

Dalam melakukan budidaya kambing, para peternak tak hanya memperoleh hasil daging saja, melainkan ada hal lain yang dapat diperoleh. Mulai dari susu hingga kotoran kambing pun dapat dimanfaatkan dengan baik. Meski susu kambing kini belum begitu dikenal oleh kebanyakan orang dan tak banyak dikonsumsi, namun tahukan anda jika susu kambing justru memiliki manfaat yang lebih baik dari pada susu sapi. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui manfaat susu kambing dan mulai mengonsumsinya secara perlahan. Sementara itu kotoran kambing juga sangat bermanfaat terutama bagi para petani.

Mengapa tidak karena kotoran kambing jika diolah dengan benar maka dapat dijadikan sebagai pupuk tanaman yang mampu menyuburkan tanaman apapun. Sehingga bagi anda yang ingin ternak kambing tak hal ini menjadi salah satu pertimbangan yang menguntungkan bagi anda.

Selain itu perawatan yang baik dan benar juga akan menambah keuntungan anda menjadi semakin berlipat. Beberapa hal perlu diperhatikan jika ingin memulai usaha ternak kambing hal ini dilakukan agar kambing yang kita ternak nantinya memiliki kualitas yang sangat baik dan menjadi sasaran konsumen untuk dibeli.

Baca Juga :

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memulai ternak kambing adalah masalah kandang. Hal ini lantara kandang ternak kambing nantinya akan dijadikan tempat tinggal kambing sehingga harus diperhatikan dengan baik. Kambing yang mendapatkan kandang yang layak dan juga bersih tentu saja nantinya akan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Ketika ingin membuat kandang pastikan ukuran yang anda ukur untuk membuat kandang disesuaikan dengan jumlah kambing yang akan di budidayakan. Akan lebih bagus jika kandang yang anda buat nantinya dapat memenuhi standart kualitas yang ada. Dimana standart kualitas tersebut meliputi kandang yang memberikan kemudahan ketika akan memberi kan kambing, kuat tak gampang dirobohkan oleh kambing serta memudahkan para pemilik untuk melakukan pengawasan terhadap kambing.

Kandang Ternak Kambing

Kandang Ternak Kambing

Selain itu hal lain yang perlu anda perhatikan adalah buatlah kandang setidaknya 10 meter dari jarak rumah. Ini dilakukan untuk menghindari adanya bau tak sedap yang nantinya akan mengganggu aktifitas anda sehari – hari. Bentuk kandang ternak kambing terbaik biasanya memiliki bentuk banggung. Bentu tersebebut dapat memberikan segala kemudahan bagi para pemiliknya. Mengapa tidak bagian bawah yang kosong dapat digunakan oleh para pemiliki untuk menampung kotoran – kotoran kambing, sehingga para pemili pun mendapat sedikit keringanan dalam melakukan pembersihan.

Selain itu kambing juga tak akan mudah tercemar penyakit yang diakibatkan kotoran tersebut. Tak dapat dipungkiri dalam melakukan budidaya apapun kebersihan menjadi hal yang utama, begitupula ketika budidaya atau ternak kambing. Semakin anda menjaga kebersihan kanda dengan baik, maka semakin minim pula resiko kambing untuk terserang penyakit. Pastikan tak ada genangan di sekitar kandang kambing dan jaga agar lingkungan kandang tidak lembab.

Saat melakukan ternak kambing tentu saja peternak akan memlihara dua jenis kambing yakni kambing jantan dan betina. Perawatan keduanya sebenarnya sama, hanya saja pemeliharaan kambing betina akan lebih rumit jika dibandingkan dengan kambing jantan. Tujuan memelihara kambing jantan dan juga betina adalah agar kambing terus berkembang dan menghasilkan anak – anak kambing yang dapat semakin menguntungkan para peternak.

Tentu saja untuk mendapatkan hal tersebut para pternak harus mengetahui cara untuk mengawinkan kambing betina dan jantan. Cara pemilihan kambing jantang yang memiliki kualitas adalah tergantung dengan jenis kambing yang akan dibudidayakan. Namun anda harus tetap waspada kambing yang gemuk tak selalu menunjukkan bahwa kambing tersebut berkualitas. Biasa untuk melihat bahwa kambing jantan atau betina memiliki kualitas yang baik dapat dilihat dari tanduk dan bulu yang dimilikinya.

Pada dasarnya cara ternak kambing tidak lah terlalu rumit. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya , beternak kambing hanya butuh ketelatenan dan juga ketekunan dalam memperhatikan segala hal tentang hewan ternaknya. Mulai dari pembuatan kandang, pemilihan bibit, pemberian pakan hingga kebersihannya harus dilakukan dengan baik dan diperhatikan dengan benar.

Karena jika tidak dilakukan dengan benar maka bukan keuntungan lah yang anda peroleh, namun justru anda akan menelan sebuah kerugian. Segala sesuatu yang dilakukan dengan keseriusan dan niat yang tinggi tentunya akan membuahkan hasil yang memuaskan bagi siapa saja. Oleh karena itu dalam melakukan ternak kambing tentu dibutuhkan keseriusan dan konsistensi yang tinggi.

Kambing Etawa

Kambing Etawa

Terdapat dua jenis kambin potong yang sering diternakkan dan dicari oleh para para peternak yakni meliputi ternak kambing kacang atau yang sering disebut dengan kambing jawa dan ternak kambing etawa. Kedua kambing memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Dimana ciri – ciri dari kambing jawa adalah memiliki badan yang kecil dan juga pendeng.

Telingan yang dimiliki pendek dan juga kecil, memiliki tanduk baik jantan maupun bertina, postur leher lebih pendek dan diikuti dengan punggung yang meninggi, warnanya pun juga cukup bervariasi. Perlu anda ketahui jenis kambing jawa ini memiliki daya tahan terhadap penyakit lebih tinggi dari pada yang lainnya sehingga terbilang cukup mudah perawatannya.

Selain itu kambing jawa juga memiliki presentasi perkembangbiakan yang cukup baik. Sementara jenis kambing etawa memiliki ukuran tubuh yang lebih tinggi dibanding dengan kambing jawa. Pada bagian hidungnya leih melengkung keatas dan memliki warna yang lebih bervariasi.

Ciri ciri kambing etawa yang memiliki kualitas yang baik pada jantan adalah terdapat bulu lebat dan panjang di bagian bawah leher dan pundak, sementara pada betina di bagian bawah ekor. Ternak kambing etawa dapat menghasilkan susu yang banyak. Sehingga kebanyakan peternak kambing lebih memilih kambing etawa jika ingin mengambil susu lebih banyak.

Ternak Kambing

Pakan Kambing

Setelah mengtahui kandang yang baik dan juga jenis – jenis kambing yang biasa diternakkan, maka hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah pakan kambing. Jika kambing yang ada ternak memiliki kondisi yang kurus, maka penting bagi anda untuk lebih memperhatikan pakan yang anda berikan sehingga menunjang proses penggemukan.

Biasanya proses penggemukan kambing terjadi dalam kurung waktu selama kurang lebih 3 sampai 5 bulan. Pakan kambing yang bisa anda berikan cukup mudah mulai dari rumput biasa, daun lamtoro, daun singkong yang memiliki protein tinggi, daun turi, daun pepaya dan masih banyak lagi.

Perlu anda ketahui sebelum memberikan kambing pakan daun – daunan hijau maka penting bagi anda untuk menjemur terlebih daun tersebut selama kurang lebih 2-3 jam. Hal ini dilakukan agar menghilangkan semua racun yang ada pada daun hijau tersebut. Selain daun hijau anda juga dapat menambahkan pakan kambing dengan konsentrean atau makanan padat. Biasanya makanan padat tersebut bisa dalam bentuk bekatul, ampas tahu dan masing banyak lagi.

Demikian lah beberapa ulasan mengenai Tips Cara Ternak Kambing Yang Baik Dan Benar dari saya, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda terimakasih.

cara ternak kambing jawa,cara ternak kambing yang menguntungkan,fermentasi pakan ternak kambing,ternak kambing potong,cara ternak kambing modern,ternak kambing jawa tanpa ngarit,ternak kambing gibas,ternak kambing etawa

Tips Cara Berternak Kambing Yang Baik Dan Benar | M rian saputra | 4.5
/* */