Daftar Harga Cucak Jenggot Terbaru Murah + Lengkap Dengan Cara Perawatannya

Harga Cucak Jenggot Terbaru – Cucak jenggot merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat populer di kalangan para pecinta burung. Dimana jenis burung ini kerap kali dijadikan sebagai master burung kicau karena memiliki suara yang indah dan lantang, bahkan mampu menyaingi burung kacer, burung murai, burung cucak dan burung kicau lainnya.

Jika hidup secara liar, burung cucak jenggot dapat dikatakan cukup ganas dan sensitif, serta tak ragu-ragu untuk melawan sesuatu ketika tengah terancam. Berbicara mengenai kicauannya sendiri, burung cucak jenggot biasanya memiliki nada kicauan yang cenderung monoton. Namun hal ini berbeda lagi dengan burung cucak jenggot gacor yang memiliki kicauan yang keras dan bervariasi. Agar burung cucak jenggotnya mampu gacor dengan baik, tentu harus melalui berbagai perawatan yang intensif, salah satunya ialah rajin memandikan burung pada malam hari atua juga dapat melakukan penyemprotan pada burung hingga basah kuyup.

Baca Juga: Ciri-Ciri Jalak Suren Indonesia Dan Tips Membedakannya

Cucak Jenggot

Cucak Jenggot

Sebelum memutuskan untuk membeli burung cucak jenggot, hal yang perlu Anda perhatikan ialah jenis kelaminnya. Kualitas dari burung cucak jenggot betina tentunya berbeda dengan cucak jenggot jantan. Ciri-ciri burung cucak jenggot betina ialah cenderung memiliki nada kicauan yang monoton dan hampir tidak memiliki variasi apa pun. Untuk bentuk fisiknya sendiri, burung cucak jenggot yang berjenis kelamin betina cenderung memiliki bulu berwarna putih yang mendominasi bagian dadanya.

Ia juga dibekali dengan paruh yang tipis, serta hanya memiliki jambul yang tipis dan sering diturunkan. Selain itu, bentuk fisik dari burung ini tampak tidak simetris atau dapat diartikan bahwa burung cucak jenggot betika memiliki bentuk fisik yang cenderung pendek dari kepala hingga ekor, sehingga jika diperhatikan secara seksama, ia tampak sangat bulat. Karakteristik yang dimiliki burung jenis ini ialah bakal menggetarkan sayap ketika ia didekatkan dengan burung lainnya. Burung cucak jenggot betina akan mengalami masa reproduksi atau bertelur ketika berusia sekitar 8 bulan.

Baca Juga:

Berbeda dengan burung cucak jenggot betina, cucak jenggot jantan memiliki suara kicauan yang sangat beragam dan indah. Oleh karena itu, tak heran jika banyak pecinta burung yang lebih menyukai jenis burung ini agar dapat diikutkan dalam kontes burung. Cucak jenggot jantan rupanya memiliki bentuk fisik yang cenderung lebih baik, yakni simetris di keseluruhan badannya.

Lebih tepatnya, bentuk kepala hingga ekor nampak panjang dan menampilkan kesan yang ideal. Untuk warna bulunya sendiri, burung cucak jenggot jantan diselimuti oleh bulu berwarna kuning di bagian dada. Tak hanya itu, burung cucak jenggot jantan juga dilengkapi dengan bulu atau jambul di kepala yang cukup tebal. Hal lain yang merupakan karakteristik dari burung ini ialah ia tidak pernah menggetarkan sayap sedikipun ketika didekatkan dengan burung lain. Dikategorikan sebagai burung cucak jenggot yang bagus untuk kontes, burung cucak jenggot jantan ini memiliki pandangan wajah yang tampak tegas dan garang.

Perbedaan Cucak Jenggot

Perbedaan Cucak Jenggot

Salah satu burung cucak jenggot yang mampu menarik perhatian para kicau mania ialah cucak jenggot medan. Cucak jenggot medan bahkan dikategorikan sebagai jenis burung kicau terbaik yang bersuara indah dan nyaring, dimana ukuran tubuhnya yang besar tidak menyulitkannya untuk bergerak dengan lincah dan bebas. Namun, tidak keseluruhan burung cucak jenggot medan yang mampu menunjukkan keahliannya dalam berkicau, tidak sedikit diantaranya yang hanya mampu berkicau indah ketika sekali waktu atau juga dapat pada malam hari. Hal ini tentu menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi para pemiliknya.

Baca Juga: Cara Memilih Burung Pleci Yang Bagus Dan Cara Membedakannya

Kendati demikian, nampaknya Anda tidak perlu khawatir karena hal ini dapat diatasi dengan sangat mudah, yakni dengan melakukan perawatan dan terapi burung secara teratur. Selain memandikan pada malam hari, terapi burung yang harus dilakukan ialah pengembungan, yakni mengeluarkan burung pada pagi hari sekitar pukul 05.00 WIB.

Kemudian mandikan lagi hingga basah kuyup dan segera angin-anginkan sekitar 15 menit. Sekitar pukul 08.00 WIB atau ketika matahari telah mulai panas, jemurlah burung ini selama 1 hingga 2 jam. Usai dijemur, letakkanlah di teras sekitar 10 menit untuk diangin-anginkan, kemudian kerondonglah sangkarnya. Mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, burung dapat dimaster dengan suara burung cucak jenggot, kemudian sekitar pukul 15.30 WIB, burung dapat diangin-anginkan atau juga dapat dimandikan. Pada pukul 18.00 WIB, sangkar kembali dikerondong dan burung diberikan suara master dari jam istirahat hingga pagi berlangsung.

Tips Memandikan Cucak Jenggot

Memandikan Cucak Jenggot

Hampir sama dengan burung cucak jenggot medan, burung cucak jenggot jawa pun harus mendapatkan terapi yang demikian untuk memperoleh kualitas yang bagus. Selain terapi, makanan juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kicauan burung cucak jenggot jawa. Makanan yang tepat untuk jenis burung kicau ini salah satunya ialah voer.

Voer merupakan makanan yang mengandung protein dalam kadar yang sedang, yakni antara 12 hingga 18 persen. Agar kesehatannya tetap terjaga, pastikan bahwa voer senantiasa ada di dalam kotak makan burung cucak jenggot dan sebaiknya ganti secara rutin tiap dua hari sekali. Selain itu, buah-buahan juga merupakan jenis makanan yang sangat disukai oleh burung ini. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat buah-buahan segar dapat memperlancar pencernaan. Buah-buahan yang tepat ialah apel, pepaya, tomat, pisang kapok dan buah lainnya.

Baca Juga: Macam Macam Jenis Jalak Terbaik Di Dunia Lengkap Dengan Hargannya

Jenis burung cucak jenggot lainnya yang tak kalah menawannya ialah burung cucak jenggot sumatra. Perawatan dari burung cucak jenggot sumatra pada dasarnya juga hampir dengan jenis burung cucak jenggot lainnya. Selain makanan utama, berbagai burung cucak jenggot juga perlu diberikan makanan tambahan, baik berupa ulat bambu, jangkrik, ktoro, belalang dan lain sebagainya.

Pemberian makanan tambahan untuk burung cucak jenggot yang bagus ini tentunya disesuaikan dengan karakter dari tiap-tiap burung yang dimilikinya. Namun, pemberian makanan ini tentunya harus dengan takaran yang tepat, misalnya kroto segar yang diberikan harus ditakar hanya 2 sendok teh minimal 3 kali dalam seminggu. Sedangkan untuk pemberian makanan berupa jangkrik, ada baiknya Anda memotong bagian kepala dan bagian kakinya, kemudian masukkanlah potongan jahe ke dalam tubuh jangkrik tersebut. Berbagai perawatan ini ditujukan agar diperoleh cucak jenggot juara yang mampu berkompetisi dengan baik.

Burung Cucak Jenggot Sumata

Berbicara mengenai Harga cucak jenggot ekor panjang memang cenderung dibanderol dengan harga yang cukup beragam, dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta sekalipun. Harga cucak jenggot jenis anakan atau CJ biasanya dibanderol dengan harga antara R0 150.000 hingga Rp 250.000. Sedangkan untuk burung cucak jenggot yang sudah mulai ngerol ditawarkan mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 350.000.

Burung cucak jenggot yang telah mampu gacor dengan usai minimal 1 tahun akan ditawarkan dengan harga yang sedikit lebih mahal, yakni sekitar Rp 400.000. Untuk burung cucak jenggot tipe CJ yang telah memiliki isian atau telah cocok dijadikan master kicau harganya cukup variatif, antara Rp 400.000 hingga Rp 500.000. Namun jika Anda lebih tertarik untuk membeli burung yang telah menjuarai lomba, tentunya Anda perlu merogoh kocek yang lebih dalam, yakni sekitar Rp 2 jutaan. Bahkan burung yang pernah mengantongi juara pertama secara nasional dapat dibanderol dengan harga mulai dari Rp 10.000.000.

Video Burung Cucak Jenggot

Demikian ulasan mengenai Daftar Harga Cucak Jenggot Terbaru + Lengkap Dengan Cara Perawatannya dari saya, semoga ulasan diatas bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Terimakasih

Baca Juga jenis hewan lainnya disini

Daftar Harga Cucak Jenggot Terbaru Murah + Lengkap Dengan Cara Perawatannya | M rian saputra | 4.5