Harga Benih Lele Sangkuriang + Cara Mengenali Ciri Fisik Lele Sangkuriang

Cara Mengenali Ciri Fisik Lele Sangkuriang – Lele Sangkuriang adalah salah satu jenis dari lele dumbo. Gimana jenis lele Sangkuriang ini merupakan salah satu jenis lele yang terbaik dari sekian banyak jenis lele dumbo pada umumnya. Lele Sangkuriang sudah lama diperkenalkan sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Yang mana lele Sangkuriang merupakan lele yang hasil dari persilangan atau keturunan dari lele dumbo, Ada beberapa cara teknik untuk mengenali jenis sisik atau jenis lele Sangkuriang.

Dari semua jenis ikan pasti memiliki tempat asal usulnya. sama seperti halnya lele Sangkuriang yang memiliki asal usul lele Sangkuriang merupakan yang berasal dari lele dumbo. Lele dumbo termasuk salah satu jenis lele yang sudah ada di Indonesia sejak sejak lama.

Lele Sangkuriang nih diperkenalkan pertama kali di Indonesia sejak beberapa puluh tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1980-an lamanya. Lalu tumbuh ini merupakan perkawinan dari lele lokal yang semula tidak memiliki keunggulan atau kelebihan. Dengan diperkenalkannya jenis lele dumbo maka terpenuhinya kebutuhan lele yang berkualitas di Indonesia.

lele

Dikarenakan lele dumbo memiliki banyak keunggulan yang sudah dikenal oleh masyarakat dengan baik sehingga membuat populeritasnya meningkat dan banyak dikenal oleh masyarakat luas. Dari tahun ke tahun hanya lele dumbo yang menempati peringkat teratas dari tingkatan ikan airtawar yang paling populer di Indonesia.

Namun lele dumbo yang berkualitas semakin menurun, menurunnya kualitas lele dumbo dikarenakan ada beberapa sebab yaitu seringnya memerlukan perawatan, perkawinan silang, beserta seleksi Indukan yang kurang baik atau tidak berkualitas, yang mengakibatkan Penurunan derastis lele dumbo yang berkualitas baik.

Dikarenakan kualitas lele dumbo semakin lama semakin menurun membuat kepopulerannya juga semakin jauh meranjak menurun. yang mana banyak para pecinta lele menyayangkan hal ini, di khusus kan kepada peternak lele untuk memperbaiki kualitas lele dumbo dengan cara mengawinsilangkan lele dumbo dengan jenis lainnya yang berkualitas baik dan lebih banyak keunggulan dari pada kekurangannya tentunya.

Ciri fisik kepala lele Sangkuriang

kepala lele sangkuriang

Hal yang pertama yang perlu kita lakukan atau yang kita perhatikan jika kita hendak mengetahui lele tersebut adalah lele Sangkuriang atau bukan Anda dapat melihat melalui Kepala lele tersebut, sebelum kita melihat ke ciri fisik lainnya nah jika kita melihat dengan sesama dari ciri fisik lele Sangkuriang, kita bisa melihat bentuknya yang pipih ke bawah, dan memiliki panjang hampir dari sepertiga dari panjang badan yang dimilikinya nah Selain itu di bagian kepala lele jenis Sangkuriang ini juga termasuk lebih panjang jika dibandingkan dengan bentuk kepala lele dumbo.

Selain beberapa ciri yang disebutkan tadi lele Sangkuriang juga memiliki Sumut yang berjumlah 8 selai, tempat di bagian depan mulut dan 4 lagi di bagian yang lebih panjang di dekat hidungnya.lele Sangkuriang juga memiliki dua lubang hidung sebagai alat pernapasan tambahan konon banyak ahli yang mengatakan bahwa jika kedua lubang hidung lele Sangkuriang tersebut digunakan sebagai indra penciuman untuk mendeteksi bau dari sumber makanannya.Untuk bagian mulut bisa kita temukan ada berapa gigi yang mana gigi tersebut hanyalah sebuah tulang yang cukup keras yang mampu untuk melumat atau menghancurkan makanannya.

Ciri-Ciri Badan Lele Sangkuriang

badan lele sangkuriang

Nah badan jenis lele Sangkuriang tergolong sangat unik, sangat berbeda dengan bentuk lele biasanya atau dengan ikan air tawar lainnya, di bagian tengah badan lele ini sangat Terlihat agak membulat dan juga di bagian belakang tubuhnya terlihat dominan lebih agak pipih, badan lele Sangkuriang Sendiri Lebih sangat dominan memiliki warna hitam pekat dan sekilas agak terlihat kehijau-hijauan jika terkena sinar matahari.

Jika kita lihat di bagian punggung ikan lele Sangkuriang ini maka akan terlihat warna yang lebih dominan putih hingga ke bagian perut. dan agak sedikit memiliki bintik dibandingkan dengan lele dumbo yang memiliki banyak bintik-bintik di bagian badan, namun tidak ada kemungkinan juga kita temukan lele yang tidak memiliki warna kulit atau biasanya disebut polos.

Ciri Fisik Sirip Dan Ekor Lele Sangkuriang

Ciri ciri lele sangkuriang

Jenis lele Sangkuriang ini umumnya memiliki jumlah sirip berjumlah 30 buah sirip yang sangat tajam di bagian Tata letak sirip tersebut berada di ekor Dubur dan punggungnya. khusus di bagian sirip dada lele Sangkuriang kebanyakan masyarakat menyebutnya dengan sebutan patil yang memiliki bisa dan sangat tajam, Yang mendapat elgini digunakan sebagai senjata untuk melindungi dirinya dari berbagai predator yang mencoba untuk memaksanya. selain digunakan untuk pertahanan diri patil digunakan juga sebagai alat keseimbangan tubuh saat saat lele berada di air atau juga tidak red.

Dan yang paling unik kebanyakan lele memiliki patil yang beracun nah akan tetapi lele Sangkuriang sendiri tidak mengandung racun, jika manusia terkena patil ikan lele tidak menyebabkan demam atau kesakitan yang berlarut-larut. Ciri fisik ekor lele Sangkuriang terdapat sebuah sirip yang bentuknya bulat hampir sama bentuknya dengan bentuk kipas, sirip yang terletak pada ekor lele Sangkuriang digunakan sebagai alat untuk mempercepat pergerakan badannya ketika berada di dalam air

Harga Bibit Lele Sangkuriang

Harga bibit lele sangkuriang

Ukuran Benih lele sangkuriang Harga Rp / ekor
 2 – 3   Rp. 100
 3 – 4   Rp. 130
 3 – 5   Rp. 150
 4 – 6   Rp. 180
 5 – 7   Rp. 220
Konsumsi ikan : 8 – 12ekor / Kg

Demikian ulasan mengenai Harga Benih Lele Sangkuriang dari saya, semoga ulasan diatas bisa memberikan informasi yang anda cari. Terimakasih

Harga Benih Lele Sangkuriang + Cara Mengenali Ciri Fisik Lele Sangkuriang | M rian saputra | 4.5