Sedang memuat 15 Hewan Langka Indonesia Yang Terancam Punah ...

15 Hewan Langka Indonesia Yang Terancam Punah

Tuesday, April 25th, 2017 - Burung, Ikan, jenis kambing, Kambing, KELINCI, kucing, LANDAK, REPTILE

Hewan Langka Yang Hampir Punah Negara Indonesia memang sejak lama dikenal sebagai negara yang kaya akan beraneka ragam budaya, suku, adat istiadat, agama, tersebar dengan banyak pulau-pulau, tanaman, hewan dan beragam jenis lainnya. Ada banyak jenis hewan yang ada di Indonesia. Indonesia harusnya bangga dengan banyaknya jenis-jenis hewan endemik yang khas dan tidak bisa ditemukan di negara lain. hewan langka di indonesia beserta asalnya

Binatang Langka di Indonesia

Binatang Langka di Indonesia

Namun belakangan populasi hewan di Indonesia semakin berkurang hal tersebut karena banyaknya pemburuan liar serta semakin minimnya ekosistem sehingga banyak hewan yang tak mampu mempertahankan hidupnya. Binatang langka di Indonesia menjadi semakin banyak jumlahnya. Sebagai ilmu pengetahuan, berikut dibawah ini telah kami sebut dan beri ulasan tentang hewan langka yang ada di Tanah Air ini. berikut ini ulasannya tentang versi wikipedia Hewan Hewan Langka

Spesies langka

Badak Jawa

Binatang Langka di Indonesia

Badak jawa

Badak Jawa adalah salah satu hewan endemik di Indonesia, badak jenis ini tidak bisa ditemukan di tempat lain kecuali Indonesia, sayangnya kabar tentang mulai punahnya hewan tersebut sudah terkuak semenjak dahulu. Badak Jawa termasuk salah sat jenis hewan langka yang ada di Indonesia. Kebanyakan juga hewan tersebut sering dikenal dengan nama lain badak bercula satu.

Keberadaannya belakangan begitu langka bahkan jarang dtemukan. Saat ini telah dilakukan penangkaran terhadap hewan di di Taman Nasional Ujung Kulon yang bertempat di Banten, apabila ingin mengunjungi badak bercula satu tersebut anda bisa mendatangi taman ini. Banyak pemburuan liar yang dilakukan terhadap badak Jawa tersebut karena culanya banyak diambil untuk dapat dijadikan obat dan dijual belikan.

Populasi hewan tersebut minim bahkan begitu minim, di Taman Nasional Ujung Kulon sendiri, badak bercula satu tersebut hanya tersisa sekitar 35 sampai 45 ekor saja berdasarkan pendataan pada tahun 2011 lalu.

Anoa

Anoa : Binatang Langka di Indonesia Yang Hampir Punah

Anoa

Anoa merupakan salah satu hewan yang khas dari Indonesia, belakangan jenis hewan yang satu ini sudah masuk dalam golongan hewan langka di Indonesia, semakin lama populasi dari Anoa semakin berkurang dan menjadi sedikit, hal tersebut tidak lepas dari adanya perburuan liar yang dilakukan oleh manusia.

Satwa tersebut saat ini masuk dalam satwa langka yang dilindungi oleh pemerintah. Jika dilihat dari penampilan Anoa, hewan ini sedikit mirip seperti kambing namun bukanlah kambing, Anoa memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki tanduk berbentuk runcing, tanduk yang ada di kepala Anoa tersebut bisa memiliki panjang 30 cm sehingga menjadi ciri khas yang membedakannya dengan kambing.

Anoa terletak di pulau-pulau Sulawesi ditengah-tengah hutan pulau ini. Perburuan terhadap Anoa dilakukan untuk dapat diambil kulit serta tanduk dan juga dagingnya. Anoa sudah dikatakan sebagai hewan langka semenjak tahun 1960-an, bahkan berdasarkan data yang ada pada saat itu Anoa hanya terdiri dari 5000 ekor saja.

Elang Jawa

Binatang Langka di Indonesia

Elang Jawa

Jenis hewan yang langka lainnya adalah Elang Jawa, hewan yang satu ini adalah sejenis Elang yang bertempat tinggal di Jawa sesuai dengan namanya. Tentunya jenis elang ini berbeda dengan jenis lainnya. Memiliki jambul diatas kepala. Semakin hari penemuan terhadap Elang Jawa sudah semakin sulit dilakukan karena terancam punah.

Karena adanya pemburuan liar mengakibatkan hewan tersebut sulit ditemukan belakangan ini. Sejak tahun 1992 silam, Elang Jawa sudah dikategorikan dalam jenis hewan terancam punah di Indonesia dan pada tahun 2005 diketaui Elang Jawa hanya berjumlah 425 pasang saja.

Komodo

komodo dragon :Binatang Langka di Indonesia

komodo dragon

Komodo juga termasuk ke salah satu jenis hewan langka yang juga ada di Tanah Air. Hewan ini masuk dalam keluarga hewan reptil yang bentuknya seperti kadal akan tetapi bentuk tubuhnya jauh lebih besar dan panjang.

Baca juga : Mengenal Komodo Hewan Langka Indonesia

Bahkan Komodo dewasa bisa memiliki panjang sampai 2-3 meter dengan berat mencapai 60 kg. Banyak yang menyebutkan bahwa hewan satu ini adalah sisa dari jaman pra sejarah. Pada tahun 2000 silam penurunan secara signifikan terus terjadi pada Komodo bahkan hingga mencapai angka 1100 ekor saja di pulau Rinca, sementara di Pulau Komodo sendiri hanya sekitar 1200 saja.Ada banyak jenis hewan lain yang juga masuk ke jenis hewan langka di Indonesia, salah satu contohnya lagi yaitu Rusa Bawean.

Rusa Bawean

Rusa Bawean : Binatang Langka di Indonesia

Rusa Bawean

Rusa Bawean benar-benar merupakan rusa khas dari Bawean sendiri yang tidak akan ditemukan di tempat lain hanya di pulau Bawean, kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tapi sayangnya semakin lama populasi Rusa Bawean terus menerus mengalami penurunan. Bahkan berdasarkan data yang ada pada tahun 2011 lalu diketahui jumlah Rusa Bawean hanya 300 ekor saja.

Harimau Sumatera

Harimau Sumatra :Binatang Langka di Indonesia

Harimau Sumatra

Harimau Sumatra, hewan yang satu ini memang semenjak tahun-tahun sebelumnya sudah diketahui masuk dalam golongan hewan langka, pasalnya semakin lama Harimau Sumatra semaki sulit untuk ditemukan, sementara perburuan liar akan hewan tersebut terus dilakukan hingga membuat jumlahnya merosot jauh. Bahkan berdasarkan data yang ada pada tahun 2004 silam jumlah dari Harimau Sumatra ini hanya ada 400 ekor saja.

Gajah Sumatera

Gajah Sumatera :Binatang Langka di Indonesia

Gajah Sumatera

Gajah Sumatera juga termasuk dalam golongan hewan terancam punah di Indonesia, bagaimana tidak? Perburuan hewan Gajah Sumatera ini benar-benar sangat liar sehingga semakin lama populasinya terus menerus berkurang dan membuat hewan endemik asli Indonesia ini menurun drastis jumlahnya.

Apalagi semakin lama hewan asli dari Sumatera tersebut tidak memiliki tempat hidup karena perubahan ekosistem dari hutan menjadi perkebunan oleh masyarakat setempat. Pada survei tahun 2000 disebutkan ada sekitar 2000 sampai 2700 ekor Gajah Sumatera yang tersisa.

Merak Hijau

Merak Hijau :Binatang Langka di Indonesia

Merak Hijau

Merak Hijau hewan asli Indonesia dan masuk ke golongan hewan langka, jenis hewan ini memiliki keunikan tersendiri karena bulu-bulunya yang unik dan cantik, membuat terpesona banyak pasang mata yang melihatnya. Akan tetapi belakangan jenis hewan tersebut semakin merosot jumlahnya bahkan terancam punah karena sering diburu dan dijual belikan. Di pulau Jawa sendiri diperkirakan hewan tersebut hanya berjumlah kurang dari 800 ekor saja berdasarkan data tahun 2006.

Jalak Bali

Jenis Jalak :Binatang Langka di Indonesia

Jenis Jalak

Jalak Bali juga dikategorikan pada salah satu jenis hewan yang hampir punah di Indonesia. Hal tersebut karena maraknya penjual belian Jalak Bali dan perburuan liar yang dilakukan. Hingga membuat populasinya punah. Saat ini diketahui jumlah Jalak Bali hanya terdapat sekitar 1000 ekor saja.

Baca juga : Jenis Jalak Terbaik Di Dunia

Beruang Madu

Beruang Madu :Binatang Langka di Indonesia

Beruang Madu

Beruang Madu yang merupakan jenis hewan beruang paling kecil yang ada di dunia. Beruang ini merupakan satwa khas dari provinsi Bengkulu dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Hewan yang menjadi maskot kota Balikpapan tersebut bahkan belakangan dikatakan semakin memunah dan hanya tinggal 50 ekor saja berdasarkan survei tahun 2011 lalu.

Orang Utan

Orang Utan :Binatang Langka di Indonesia

Orang Utan

Orang Utan merupakan salah satu satwa yang termasuk ke jenis hewan langka di Indonesia. Orang Utan Sumatera dan Kalimantan, sesuai namanya hewan ini terdapat di dua daerah tersebut dan populasinya semakin lama semakin berkurang karena banyaknya perburuan liar yang dilakukan. Bahkan pada tahun 2004 saja hewan ini sudah dikatakan hanya berjumlah 54 ribu ekor saja.

Pesut Mahakam

Pesut Mahakam :Binatang Langka di Indonesia

Pesut Mahakam

Pesut Mahakam dari namanya saja tak semua orang kenal dengan hewan ini, ya tentu saja karena semakin lama populasi hewan ini semakin sedikit dan tergolong ke jenis hewan langka di Indonesia. Berdasarkan data terakhir, disebutkan bahwa hewan ini hanya tersisa 70-an ekor saja dan sering kali ditemui di Sungai Mahakam.

Kura-kura Hutan

Kura-kura Hutan Sulawesi :Binatang Langka di Indonesia

Kura-kura Hutan Sulawesi

Kura-kura Hutan Sulawesi sejenis kura-kura atau yang disebut dengan Sulawesi Forest Turtle hewan endemik khas Sulawesi yang sudah terancam punah. Bahkan menurut data yang ada pada tahun 2011 hewan ini hanya memiliki populasi 250 ekor saja dan terus mengalami pemrosotan.

Baca juga :Jenis Kura kura Yang Bisa Kamu Jadikan Peliharaan Kesayangan

Elang Flores

Elang Flores :Binatang Langka di Indonesia

Elang Flores

Elang Flores juga masuk ke dalam salah satu jenis hewan punah yang ada di Indonesia, hewan ini adalah sejenis hewan pemangsa yang asli di Indonesia dan tak ditemukan di negara lain. Akan tetapi populasinya semakin berkurang. Semenjak tahun 2005 lalu, hewan ini disebutkan hanya ada 250 ekor saja.

Kakatua Kecil Jambul Kuning

Kakatua Kecil Jambul Kuning :Binatang Langka di Indonesia

Kakatua Kecil Jambul Kuning

Kakatua Kecil Jambul Kuning masuk ke salah satu spesies burung yang memiliki ukuran sedang. Yang menjadi ciri khas dari Kakatua Kecil Jambul Kuning adalah adanya jambul berwarna kuning di bagian kepalanya dengan paruh berwarna hitam. Sejak tahun 2000 hewan ini sudah dimasukkan ke salah satu golongan hewan langka dan waktu itu berdasarkan data yang ada terdapat 7000 ekor hewan saja.

Demikian ulasan mengenai Hewan Langka Indonesia Yang Terancam Punah dari saya semogakita juga bisa ikut berpartisipasi dalam melindungi binatang langka yang adadi dunia ini. Terimakasih

15 Hewan Langka Indonesia Yang Terancam Punah | M rian saputra | 4.5