Cara Budidaya Ikan Betutu + Manfaat Ikan Betutu Lengkap Dengan Harganya

Cara Budidaya Dan Manfaat Ikan Betutu –  Ikan betutu merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Meskipun tidak memiliki bentuk tubuh yang kecil hingga sedang dengan kepala yang besar, namun ikan ini sangat digemari oleh para pemancing. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat jenis ikan ini memiliki tarikan yang kuat yang berlangsung secara tiba-tiba. Panjang tubuh dari ikan yang juga dikenal dengan nama ikan malas ini biasanya berkisar 20 hingga 40 cm, sedangkan panjang maksimalnya ialah mencapai 65 cm. Warna tubuhnya sendiri cukup bervariasi, ada yang berwarna merah bata pudar, kecoklatan atau bahkan kehitaman, dimana dalam tubuhnya tersebut terdapat pola-pola gelap yang simetris. Sedangkan sirip pada ikan ini terletak sebelah mukanya dengan enak jari-jari yang keras. Sedangkan di bagian belakangnya terdapat satu duri dan sembilan jari-jari yang sifatnya lunak.

Ikan Betutu

Ikan Betutu

Meskipun baru menjumpai ikan betutu, namun Anda tentunya akan sangat mengingatnya. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat penampilan dari ikan ini memang sangat khas. Terlebih lagi, perilakunya memang cukup menggelikan karena ikan betutu cenderung memilih untuk bertahan atau tidak bergeser selama berjam-jam lamanya.

Hal ini disebabkan ketika merasa telah kenyang, maka ia tidak sedikit pun mau menyentuh makanan meskipun makanan tersebut telah berada di hadapannya. Ikan malas ini akan mulai bergerak ketika ada sesuatu yang menyentuh tubuhnya atau mangsa mulai mendekatinya. Dalam hal ini, ikan ini akan bergerak dengan sangat cepat yang tidak dapat diikuti dan tiba-tiba berhenti tanpa alasan.

Habibat Ikan Betutu adalah di perairan air tawar yang berlumpur, memiliki arus tenang dan memiliki kedalaman sekitar 40 cm. Biasanya tempat hidup ikan jenis ini ialah tempat yang cenderung gelap, terlindung di balik batu-batuan atau bahkan tumbuhan air. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat tempat tersebut berguna sebagai tempat persembunyiannya untuk mengintip mangsanya.

Kendati demikian, perubahan yang signifikan akan ditampakkan ikan betutu ini ketika malam tiba. Ketika malam hari, ia akan bersifat sangat agresif. Tidak hanya mengintip mangsanya ketika mulai lapar, di malam hari tersebut juga waktu yang tepat bagi ikan betutu untuk mengadakan perkawinan dan berkembangbiak.

Budidaya Ikan Betutu

Berbicara mengenai Manfaat Ikan Betutu, ikan yang memiliki nama latin Oxyeleotris marmorata ini memiliki kandungan gizi yang cukup beragam, diantaranya vitamin B1, B2, B6, E, F, albumin dan enzim, serta hormon. Dimana keseluruhan kandungan gizi tersebut mampu memberikan manfaat baik untuk tubuh, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Bahkan, ikan betutu untuk ibu hamil juga sangat disarankan agar membuat sang jabang bayi menjadi lebih sehat. Berikut manfaat ikan betutu yang perlu Anda ketahui :

7 Manfaat Ikan Betutu Bagi Kesehatan Manusia

1. Menyembuhkan nyeri

Memiliki kandungan albumin, tak heran jika ikan malas ini mampu menyembuhkan rasa nyeri yang muncul usai menjalani operasi. Dimana rasa nyeri tersebut bisa saja muncul dari jahitan setelah operasi berlangsung. Untuk menyembuhkannya secara optimal, konsumsilah ikan betutu ini secara teratur tiap hari.

Baca Juga:

2. Mengeringkan jahitan

Selain menyembuhkan rasa nyeri, kandungan albumin dalam ikan betutu rupanya juga mampu mengeringkan jahitan pasca operasi. Hal tersebut disebabkan albumin berkemampuan untuk menyatukan jaringan kulit di dalam tubuh dalam jangka waktu yang lebih cepat. Dengan demikian, luka bekas jahitan pun akan mengering secara perlahan-lahan. Mengonsumsi ikan betutu tentunya sangat disarankan untuk mengeringkan jahitan karena luka bekas jahitan operasi yang tidak cepat kering biasanya berdampak kurang baik, yakni akan berair dan menimbulkan terjadinya infeksi.

3. Mengobati patah tulang

Manfaat ikan betutu lainnya ialah dapat mengobati patah tulang. Hal ini tidak terlepas dari tingginya kadar albumin yang dimiliki oleh ikan betutu. Kadar albumin yang tinggi mampu memulihkan sel-sel tubuh yang rusak, serta terbelah. Mengingat para penderita patah tulang biasanya memiliki sel yang terbelah.

4. Menyembuhkan luka bakar

Ketika mengalami luka bakar, beberapa sel yang terdapat dalam tubuh akan mengalami kerusakan. Dalam hal ini, ikan betutu berguna untuk memulihkan sel-sel yang rusak. Dengan pulihnya sel-sel tersebut, maka luka bakar pun akan sembuh dalam jangka waktu yang lebih singkat.

5. Mengobati penyakit hepatitis

Kandungan albumin yang dimiliki oleh ikan betutu memang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk mengobati penyakit hepatitis. Penyakit hepatitis sendiri disebabkan oleh banyak hal, salah satunya ialah ketidakmampuan hati untuk memproduksi albumin. Untuk mengatasinya, konsumsilah daging ikan betutu agar produksi albumin dalam tubuh semakin meningkat dan penyakit hepatitis akan teratasi.

6. Menghaluskan kulit

Manfaat ikan betutu lainnya ialah menghaluskan kulit. Hal ini disebabkan kandungan vitamin E dari ikan ini cenderung sangat tinggi yang mampu membuat kulit menjadi lebih halus. Untuk hasil terbaiknya, konsumsilah ikan betutu setidaknya 100 gram tiap harinya.

7. Membuat awet muda

Tidak hanya menghaluskan kulit, mengonsumsi ikan betutu secara rutin juga mampu membuat wanita menjadi lebih awet muda. Pasalnya, vitamin E yang dikandung oleh ikan betutu mampu memusnahkan sel-sel kulit mati yang terdapat di permukaan wajah, serta meremajakan kulit. Dengan demikian, wajah pun akan terhindar dari berbagai kerutan dan terlihat awet muda.

Manfaat Ikan Betutu

Memiliki manfaat yang terlampau banyak, tak heran jika jenis ikan ini banyak dibudidaya. Selain dikonsumsi sendiri, ikan betutu juga sangat laris manis ketika dijual karena minat masyarakat yang cenderung tinggi.

Cara Budidaya Ikan Betutu sendiri cenderung cukup mudah, namun perlu adanya perawatan yang khusus yang diimbangi dengan ekosistem yang memadai. Hal pertama yang perlu dipersiapkan untuk budidaya ikan betutu ini ialah kolam. Berikut konstruksi kolam yang cocok untuk ikan betutu :

Cara Ampuh Budidaya Ikan Betutu Agar Cepat Besar

  1. Kedalaman air yang sesuai untuk penetapan suhu air, serta mampu mengejar anak ikan. Dimana kedalaman kolam tersebut sekitar 40 hingga 50 cm.
  2. Pencahayaan yang samar-samar, dimana kolam tersebut dilengkapi dengan tumbuhan akuatik dan plastik hitam sebagai media pelindung agar tidak terkena terik matahari secara langsung.
  3.  Ketersediaan tempat bersembunyi, dapat berupa pipa PVC atau genting.
  4.  Kandungan oksigen terlarut DO > 5 mg/liter.
  5. Ketersediaan pangan ikan, contohnya udang rebon atau ebi.

Setelah kolam untuk budidaya ikan betutu tersebut dianggap layak, biarkanlah kolam dalam keadaan kering dan mendapatkan sinar matahari selama 3 hingga 5 hari. Hal ini bertujuan agar kuman dan hama dapat mati. Selanjutnya, lakukan pemupukan dengan pupuk organing kering untuk memancing tumbuhnya makanan alami untuk ikan nila yang merupakan makanan sampingan untuk ikan betutu. Jika dirasa sudah cukup tepat, mulailah untuk melakukan pelepasan terhadap bibit ikan betutu. Dimana bibit yang digunakan tersebut memiliki usia sekitar 1 bulan.

Langkah untuk membudidayakan ikan betutu memang bukan tanpa alasan, mengingat Harga Ikan Betutu sendiri memang cenderung sangat tinggi. Patokan harga ikan betutu per kg memang dipengaruhi oleh lokasi dan kondisi pasar kala itu. Namun biasanya, ikan betutu sendiri dibanderol dengan harga di atas Rp 200 ribuan tiap kilogramnya.

Demikian ulasan mengenai Ikan Betutu Cara Budidaya + Manfaat Ikan Betutu Lengkap Dengan Harganya dari saya, semoga ulasan diatas bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Terimakasih

Sumber: http://www.duniahewan.id

Cara Budidaya Ikan Betutu + Manfaat Ikan Betutu Lengkap Dengan Harganya | M rian saputra | 4.5
/* */