Mengenal Ikan hias Ikan Blue Devil + Cara Membudidaya

Ikan Blue Devil Dan Cara Membudidayakannya – Begitu mengasyikkan mempelihara ikan hias air laut di aquarium? Bentuk serta warnanya yang lucu-lucu bahkan juga ikan-ikan air laut di kenal lebih agresif. Bila kita banding dengan sebagian type ikan air tawar, ikan hias air asin lebih variasi warna serta memiliki bentuk yang unik. Pelihara ikan hias air laut tak gampang, perlu perawatan yang ekstra dari pada ikan hias air tawar. Bila terlebih dulu belum pernah pelihara ikan hias air laut, sebaiknya untuk mengawali dengan pelihara ikan yang digolongkan pemula.

Ikan hias air laut jauh tidak sama dengan ikan hias air tawar. Umumnya ikan hias air tawar dengan gampang untuk memperoleh air yang mana sehari-hari kita semuanya memakai air tawar. Tetapi bila ikan hias air laut tambah lebih susah, lantaran tak dapat hidup di air tawar, mereka tak dapat beradaptaasi dengan lingkungannya. Bukan hanya itu saja, pelihara ikan air laut juga memerlukan aquarium air laut  yang besar serta butuh ganti air dengan teratur supaya tetaplah bersih.

Baca Juga :

Ikan hias terdiri atas banyak type dengan semasing rupa yang dipertunjukkannya. Ada yang datang dari perairan air tawar serta ada pula yang habitat awalannya ada di laut. Umumnya, ke-2 type ikan hias itu tidak sama dalam soal pemeliharaan. Ketidaksamaan ini terdapat pada penentuan akuarium, type air, serta pakan yang didapatkan. Berdasar pada pengalaman beberapa kolektor ikan hias, pelihara ikan hias air laut lebih rumit dari ikan hias air tawar. Kerumitan itu terdapat pada pemberian pakan yang ketersediaannya belum sejumlah ikan hias air tawar. Diluar itu, ikan hias air laut juga membutuhkan design akuarium spesial yang perlu tahan karat lantaran bakal berisi air lalut. Tetapi, semuanya kerumitan itu jadi seni sendiri untuk orang yang telah terlanjur cinta dengan ikan hias.

Ikan Hias Air Laut

Ikan Hias Air Laut

Terkecuali untuk dikoleksi sendiri, ada pula kolektor yang jadikan ikan hias sebagai kesempatan usaha. Dengan makin banyak orang yang hoby pelihara ikan hias, bisa kita katakan kalau usaha ikan hias mempunyai market share yang begitu luas bahakan ikan hias ini banyak di klompok kan menjadi Ikan Hias Air Laut Termahal. Potensi usaha ini sudah pasti begitu mengundang selera untuk dikerjakan. Sebagian type ikan hias mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Harga per ekornya, dari mulai beberapa ratus ribu sampai jutaan rupiah. Bahkan juga, ada pula ikan hias yang meraih harga beberapa ratus juta sampai miliaran rupiah. Walau dihargai selangit, umumnya beberapa orang yang telah terlanjur jatuh hati dengan ikan buruannya bakal siap menebusnya.

Berikut ini salah satu jenis ikan hias air lau termahal di dunia :

Ikan Blue Devil

Spesies ini mempunyai nama latin ( chrysiptera cyanea), jenis ikan ini mempunyai bentuk badan yang estetis, struktur tubuhnya mirip dengan ikan mujair dan ternyata nama ikan tersebut tak seseram dengan namanya sebut saja ikan ini iblis biru , ikan ini tidak terlalu besar ,diperkirakan ukuran tubuh ikan bisa mencapai 7cm,untuk ikan dewasa ,tubuh ikan ini sangatlah ramping serta kecil dengan ciri khas warna yang biru di bagian badan dengan bintik bintik putih yang membuat para pencinta ikan blue devil ini terpesona untuk memilikinya.ikan ini juga memiliki daya tahan hidup yang luar biasa, Habitat ikan ini sering ditemukan di seluruh daerah perairan terumbu karang dan berpasir .blue devil betina mempunyai ekor berwarna putih sedangkan yang jantan berekor merah .

Salah satu keunikan blue devil ialah dalam merubah warnanya dalam waktu seketika ,hal ini terjadi disaat ikan ini merasa terancam,seringkali ikan ini terlihat berenang dan bergerak dengan gesit nya mengejar makanan atau bermain – main dengan spesies nya, ikan jenis ini mengalami perubahan warna dalam sekejapnya dengan perubahan warna menjadi biru tua atau biru gelap sedangkan dalam kondisi aman ia memiliki warna biru kehijauan ,ikan ini bisa dikatakan ikan yang sangat rakus ia termasuk ikan yang terlaris dan termahal di amerika dengan nilai jual ikan blue devilekspornya US$12-US$17 per ekornya.

Ikan Blue Devil

Ikan Blue Devil

Selama ini telah diketahui bahwa yang diperdagangkan dan diekspor adalah hasil tangkapan dilaut sehingga berdampak pada kurangnya populasi blue devil dilautan.untuk mengatasi kurang nya populasi blue devil dilautan dikarenakan tingginya permintaan ikan hias blue devil maka dilakukan pembudidayaan ikan blue devil .
Adapun hal hal yang harus dilakukan untuk membudidayakan jenis ikan ini :

1. Pemilihan induk Ikan Blue Devil

Ikan Blue Devil

Pemilihan indukan Ikan Blue Devil

Induk yang digunakan harus berasal dari tangkapan alam induk mesti dipelihara dalam bak besar dengan perbandingan 1:4 jadi didalam satu bak berisi 1 jantan dan 4 betina ,pemeliharaan ini dengan sistem sirkulasi dan aerasi yang berasal dari blower. Dan dasar bak harus diberi pasir dan substrat batu fungsinya untuk tempat bersarang dan menempelkan telur ,bak induk juga di isi teripang pasir sebagai pembersih sisa makanan.
Pemijahan ini dilakukan secara alami,induk betina akan melakukan pemisahan perut nya disaat telah gendut perutnya(hamil) ,sedangkan yang jantan bersifat agresif bergerak dan membersihkan sarang, induk betina mulai bergerak ke arah substrat untuk menempelkan telurnya.induk yang berada dibak dari ikan blue devil ini dapat dipisahkan tiap saat dan larvanya bisa di hasilkan tiap malamnya,induk betina biasanya menempelkan telur nya disetiap batu atau shelter berupa potongan paralon,sedangkan induk jantan berperan menjaga dan memebersihkana telur tersebut.

2. Pemeliharaan Larva  Ikan Blue Devil

Ikan Blue Devil

Pemeliharaan Larva Ikan Blue Devil

Telur yang sudah matagonat akan dilakukan pemijahan menjadi larva,pemijahan tersebut dilakukan dalam suatu wadah bak induk ,setelah telur menetas ,yaitu disaat matahari telah meninggalkan kesinaranya pada saat itulah hari sudah mulai gelap,larva ini akan dipindahkan ke dalam bak pemeliharannya biasa nya larva berukuran 8 ton menggunakan selang ¾ inci. Dalam pengambilan larva ini dilakukan dengan lampu sorot atau lampu penerang supaya larva mudah terkumpul,selain itu juga jika larva lambat dipindahkan ,dikhawatirkan siang harinya larva-larva ini akan habis dimakan induknya. Pakan pertama bagi larva ini umur sehari akan diberikan chorella tiap hari selama 20 hari dan dapat diselanggi pakan rotifer,pada saat berumur 15 hari ,larva dikasi naupli artemia setiap hari selain itu larva dilatih makan pellet Mb.

Pada umur 20 hari ,larva sudah mulai diberi akan pellet NRD walaupun kadang masih diberikan naupli artemia, setelah itu akan terjadi perubahan warna dari hitam menjadi biru. Akhir nya setelah larva berumur 30-35 hari ,terjadi lah perubahan menjadi benih blue devil dengan ditandai sisik badannya yang menjadi dominan warna biru .pada umur inilah benih ikan dipindahkan ke wadah bak yang berukuran 8 ton disanalah akan diberi benih akan pellet Mb dan nauli artemia. air yang digunakan mesti mengalir dan steril penggantian air dapat dilakukan dengan cara penyemprotan sampai dasar bak air terlihat bersih.

3. Panen Larva  Ikan Blue Devil

Disaat larva sudah mulai menetes pada malam hari maka saat itu kamu harus bergegas untuk memanen nya dan jangan sampai larva terjadi menetas ,karena jika tidak segara dipanen makan larva tersebut akan musnah dimakan oleh sang induk ikan ketika matahari sudah mulai terbit .
Metode panen ini dilakukan secara menyedot langsung larva yang terkumpul oleh pencahayaan lampu disekitaran wadah bak dengan menggunakan selang bak larva pada malam harinya.ini dilkukan selama 2 sampai 4 malam panen berlangsung dalam setiap bak larva tergantung kepadatan larva yang dihasilkan di bak induk ikan ini.
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai ikan hias air laut. Penulis berharap para pembaca yang menjadi pencinta ikan hias air laut ini bisa mengetahui seluk beluk dari ragam ikan yang akan di budidayakan dalam kehidupan sehari- hari ,semoga artikel ini bermnfaat bagi penulis terlebih khususnya bagi para pembaca yang budiman pada umumnya.

Itulah ulasan dari saya mengenai Ikan Blue Devil Dan Cara Membudidayakannya, semoga ulasn di artikel kaliini bisa menambah wawasan kita dan dapat memberi manfaat tentunya. Terimakasih

Mengenal Ikan hias Ikan Blue Devil + Cara Membudidaya | M rian saputra | 4.5
/* */