Jenis Burung Kenari Import Dan Lokal Lengkap Dengan Harganya

Jenis Burung Kenari Import Dan Lokal – Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Dimana ia pertama kalinya ditemukan oleh pelaut Perancis yang bernama Jean de Berthan Cout pada abad ke-15 silam di Kepulauan Canary. Ditemukan dari pulau habitat aslinya inilah akhirnya burung ini diberi nama kenari.

Hal menarik yang dimiliki oleh burung kenari ialah bulunya yang terkesan sangat indah dan suaranya yang merdu. Saat ini, burung kenari sendiri telah adaa dalam jenis yang beragam, yang mana dihasilkan dari perkembangan keturunan kenari liar yang memiliki nama latin Serinus Canarius, yakni tepatnya adanya perkawinan silang sejak lima abad yang lalu. Namun, masih banyak pula burung kenari asli yang merupakan burung import.

Salah satu jenis kenari paling bagus suaranya ialah kenari American singer yang merupakan hasil persilangan antara kenari Roller dengan kenari Border. Jenis burung kenari ini memiliki suara yang memang sangat istimewa. Perpaduan antara kenari Roller dan Border jelas menghasilkan keturunan yang sangat bagus dan spesial. Bagaimana tidak, kenari Border sendiri memiliki tampilan fisik yang sangat cantik dan indah, sedangkan kenari Roller memiliki suara yang nyaring nan sangat merdu.

 Burung Kenari

Burung Kenari

Dalam melakukan pemeliharaan terhadap kenari, hal pertama yang harus diperhatikan ialah sangkar. Model sangkar harus disesuaikan dengan tujuan pemeliharaannya. Hal tersebut disebabkan, kandang kenari memang terdiri dari berbagai model yang tentunya disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Dimana tiap model kandang tersebut memiliki bentuk, ukuran dan harga yang berbeda.

Sangkar yang baik untuk burung kenari tentunya memiliki ukuran yang ideal dan dilengkapi dengan nampan kotoran yang baik, mudah dibuka dan tahan terhadap air. Sangkar lomba merupakan model sangkar kenari yang dibanderol dengan harga termahal, namun hal ini juga tergantung dari kualitas kandang tersebut dan tingkat kesulitan dalam pengerjaannya.

Selain kandang, pakan kenari juga merupakan hal yang sangat penting dan tidak dapat diabaikan dalam pemeliharaan burung tersebut. Pasalnya, pemberian jenis pakan yang tepat akan mendongkrak stamina dan kesehatan dari burung kenari. Selain itu, hal tersebut tentunya mampu membuat burung cantik ini akan lebih cepat gacor dan mempertahankannya dengan stabil.

Makanan tambahan burung kenari atau yang sering disebut extrafooding ini tentunya harus memiliki takaran agar burung kenari tidak gemuk karena kelebihan porsi makanan. Extrafooding yang sangat cocok untuk hewan peliharaan ini diantaranya telur puyuh rebus, telur kroto, irisan buah apel, daun mengkudu muda, niger seed dan biji fumayin dan bijian mix. Untuk bijian mix sendiri terdiri dari berbagai biji-bijian yang memang disukai oleh burung kenari, yakni milet merah dan putih, biji sawi, canary seed, egg food dan lain sebagainya.

Burung kenari sendiri terdiri dari berbagai jenis, salah satunya jenis kenari import. Kenari import memang saat ini kepopularitasannya semakin meningkat secara signifikan, bahkan perlahan-lahan telah menyambangi pasar Indonesia. Terlebih lagi, saat ini jenis kenari ini telah mampu beradaptasi dengan lingkungan dan iklim yang ada di Indonesia. Pada umumnya, kenari import dibagi menjadi tiga varietas, yakni :

1. Kenari import varietas warna

Pada jenis ini, kenari import dibeadakan berdasarkan warna yang dimilikinya. Dalam variestas ini sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni Color Bred Canary dan Red Factor Canary.

Red Factor Canary

Red Factor Canary

2. Kenari import varietas lagu

Varietas selanjutnya ialah variestas lagu. Sesuai namanya, jelas pembedaan burung ini didasarkan dari jenis suara yang disuguhkannya. Pada variestas ini, ada empat jenis kenari import yang sudah cukup populer, yakni Kenari American Singer (American Singer Canary), Kenari Spanish Timbrado, Kenari Roller (Roller Canary), (Spanish Timbrado Canary), serta Kenari Waterslager (Waterslager Canary). Tiap-tiap varietas tersebut memiliki suara yang unik dan ciri khasnya masing-masing.

Kenari Roller

Kenari Roller

3. Kenari import varietas jenis

Berbeda dengan varietas sebelumnya, kenari import varietas jenis ini didasarkan dari jenis atau bentuk fisiknya. Pada varietas ini terdapat 11 jenis kenari yang cukup populer di dunia, dimana masing-masing kenari tersebut memiliki bentuk fisik yang sangat unik. Jenis kenari yang masuk dalam varietas ini ialah Kenari Stafford (Stafford Canary), Kenari Border (Border Fancy Canary), Kenari Fife Fancy (Fife Fancy Canary), Kenari Northen Dutch Frilled, Kenari Jambul (Crested Canary), Kenari Fife Fancy, Kenari Paris (Parisian Frilled Canary), Kenari Gloster (Gloster Fancy Canary), Kenari Lizard (Lizard Canary), Kenari Norwich (Norwich Canary), dan Kenari Yorkshire (Yorkshire Canary).

Berbicara mengenai jenis burung finch, jenis burung ini terdiri dari ratusan spesies yang tersebar di berbagai negara di dunia. Salah satunya ialah burung kenari yang bermarga Serinus. Salah satu jenis burung kenari yang berada di marga tersebut ialah jenis kenari Afrika yang bernama Black-headed canary atau kenari kepala hitam. Meskipun belum ramai menyambangi pasar, namun para pecinta burung rupanya telah banyak yang telah memeliharanya, bahkan ada yang telah mengimportnya secara langsung ke Indonesia.

Di habitat aslinya, burung unik ini bergerak sesuai dengan pola hujan. Burung asal Afrika ini bergerak usai curah hujan berasal dari timur Afrika Selatan ke barat yang bertujuan untuk mencari benih atau biji-bijian yang mulai mengeluarkan kecambah, serta tanaman-tanaman bunga yang masih berstatus segar. Hingga saat ini, bahkan sudah ada importir yang mendatangkannya ke Indonesia. Dengan bentuk yang unik dan balutan warna yang menawan, tentu burung ini bukanlah jenis kenari aduan.

 kenari Kepala Hitam Afrika

kenari Kepala Hitam Afrika

Beragamnya jenis kenari tentunya ditawarkan dengan harga yang cukup bervariasi, tergantung dari kualitas dan bulu halus yang dimilikinya. Jenis kenari dan harganya untuk tipe import tentunya akan lebih mahal ketimbang tipe lokal. Contohnya saja kenari yorkshire yang dibanderol dengan harga antara Rp 4.500.000 hingga Rp 6.500.000. Sedangkan untuk kenari Lanchasire jantan lokal atau import dibanderol seharga Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000. Namun jika Anda mencari jenis kenari di indonesia dengan harga yang terjangkau, dapatlah menengok kenari lokal hijau anakan/bakalan yang ditawarkan seharga Rp 200.000.

Selain jenis dari burung kenari, jenis kelamin dari burung tersebut juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Dimana burung kenari betina biasanya lebih disukai sebagai hewan peliharaan atau hewan hias. Lain halnya dengan burung kenari jantan yang lebih disukai sebagai kenari aduan atau sebagai kontes perlombaan. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat burung kenari jantan memiliki gacor dan suara yang lebih keras dan nyaring namun sangat merdu.

Jenis burung kenari yang laku keras di pasaran, salah satunya ialah burung kenari merah. Tergolong sebagai burung kenari lokal, jenis burung kenari ini memiliki bulu yang cenderung indah dengan suara yang melengking nyaring. Dengan keistimewaan tersebut, tak heran jika harga burung ini dibanderol tinggi, tak tanggung-tanggung dari harga jutaan hingga puluhan juta. Namun, bukan berarti tidak ada burung kenari merah yang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, dimulai dari harga Rp 500.000. Perlu diperhatikan, memilih burung kenari gacor tidak hanya berpatokan pada harganya yang mahal, melainkan juga kualitas yang dimilikinya, baik dari fisik maupun keturunannya.

Demikian ulasan mengenai Jenis Burung Kenari Import Dan Lokal Lengkap Dengan Harganya, semoga ulasan diatas bisa memberikan informasi dan menambah wawan kita. Terimaksih

Jenis Burung Kenari Import Dan Lokal Lengkap Dengan Harganya | M rian saputra | 4.5
/* */