Jenis Kura kura Yang Bisa Kamu Jadikan Peliharaan Kesayangan

Jenis Kura kura Yang Bisa Kamu Jadikan Peliharaan – Kura-kura merupakan salah satu jenis hewan reptil yang lucu dan tak sedikit orang menggemarinya. Namun kebanyakan orang masih susah membedakan antara kura kura dan penyu. Bagi orang awam maasih susah untuk membedakan kedua jenis hewan ini, meskipun pada dasarnya masih masuk dalam satu ordo yaitu sama-sama ordo Testudinata akan tetapi tetap saja kedua jenis hewan reptil ini memiliki perbedaan.

Untuk bisa membedakan kedua hewan ini, tentu saja anda membutuhkan beberapa materi agar dilain waktu tidak dapat menyamakan antara kura-kura dan penyu. Banyak gambar kura kura beredar di interntet yang bisa anda lihat, mungkin dari sisi gambarnya saja anda bisa menemukan perbedaan antara kedua hewan ini.

Di dunia ini, banyak sekali jenis kura kura yang beredar dan mungkin sulit untuk dipelajari karena tak sedikit. Akan tetapi tetap saja setiap jenis kura kura ini memiliki karakteristiknya masing-masing baik itu dari segi penampilan luarnya atau tingkah laku yang dimilikinya.

kura kura Sulcata

 

Salah satu contoh kura kura yang ada di dunia ini adalah kura kura Brazil. Kura kura jenis ini biasa dikenal dengan kata Red Ear Slider. Untuk jenis kura kura Brazil pertama kali ditemui di negeri paman Sam Amerika Serikat, kemduain dari AS dibawalah ke Brazil untuk dilakukan perawatan. Perkembangan kura kura brazil ini cukup banyak dan pesat, banyak orang tertarik untuk memelihara jenis kura kura ini karena memiliki tubuh yang elok dan cantik. Bahkan di Indonesia sendiri diketahui bahwa kura kura jenis tersebut merupakan yang banyak dipelihara di Indoensia.

Kura kura asal Brazil menjadi sasaran jenis hewan reptil yang banyak dipilih menjadi hewan peliharaan. Namun untuk memeliharanya tentu saja anda harus mengetahui cara beternak kura kura brazil, supaya anda tak hanya memeliharanya saja akan tetapi juga bisa membuat kura kura ini beternak kemudian bisa dijadikan pembudidayaan atau bisnis yang banyak diburu orang lain.

Cara pelihara kura kura brazil sebenarnya memang tidak terlalu sulit namun jangan anggap enteng karena anda harus memperhatikan hal hal tertentu agar kura kura anda bisa dibudidayakan. Anda perlu meletakkan kura kura ini di aquarium atau di tempat yang berair dan nyaman bagi kura-kura dengan suhu tertentu supaya juga bisa mempercepat pertumbuhan kura kura tersebut.

Sementara untuk jenis kura-kura lainnya yaitu kura kura darat. Kura kura jenis ini memiliki banyak jenis lagi bahkan sebagian besar diantaranya dapat anda jadikan hewan peliharaan. Memiliki tubuh yang cantik dan menawan sehingga banyak menarik perhatian masyarakat untuk dapat menjadikannya sebagai teman di rumah. Di dunia ini ada banyak jenis kura kura darat yang bisa dipelihara, untuk mempelajarinya berikut kami berikan sedikit ulasan jenis kura kura darat yang saat ini ada di dunia :

Baca Juga :

Aldabra

Kura Kura Aldabra

Kura Kura Aldabra

1. Aldabra, untuk kura kura yang satu ini berasal dari pulau Aldabra, adalah kura kura paling besar yang ada di dunia, bahkan kura kura jenis ini memiliki umur yangpanjang bisa mencapai 225 tahun masa hidupnya dibandingkan hewan kura kura lainnya. Cangkang hewan ini cukup besar berbentuk seperti kubah yang dapat berfungsi sebagai baju zirah untuk dapat melindungi tubuhnya.

Radiata

Kura Kura Radiata

Kura Kura Radiata

2. Radiata merupakan kura-kura yang berasal dari Madagaskar. Kura kura tersebut saat ini semakin berkurang populasinya bahkan dikategorikan dalam jenis kura kura yang hampir punah di dunia. Hal tersebut dipicu lantaran seringnya di buru karena banyak hyang menyukai jenis kura kura ini. Memiliki corak yang cukup mencolok dan cukup bagus sehingga menjadi daya tarik banyak pecinta hewan reptil tersebut.

Sulcata

Kura Kura Sulcata

Kura Kura Sulcata

3. Sulcata, untuk jenis kura-kura ini cukup mungil berukuran antara 60 sampai 90 centimeter dan bisa disebut sebagai kura kura peliharaan sejuta umat. Pasalnya banyak yang menyukai kura kura tersebut sebagai hewan peliharaan.

Masih banyak lagi jenis hewan kura kura darat yang ada di dunia ini dan kebanyakan bisa dijadikan hewan peliharaan di rumah. Selain itu ada lagi salah satu jenis kura kura yang cukup banyak menjadi incaran masyarakat apalagi para pecinta kura kura, bahkan belakangan keberadaan kura kura ini terancam punah lantaran banyak orang melakukan pemburuan liar terhadap kura kura moncong babi.

kura kura moncong babi

Kura Kura Moncong Babi

Untuk jenis ini merupakan hewan asli dari Indonesia sendiri yang sering kali ditemukan di sungai-sungai Papua sampai Merauke. Kura kura jenis ini tergantung pada air bahkan ia menghabiskan hampir seluruh kehidupannya dalam air, ia hanya akan ke darat saja apabila hendak bertelur. Seperti namanya, kura kura jenis ini memiliki mulut berbentuk moncong sehingga menjadi keunikan tersendiri dari jenis kura kura lainnya.

Chery Head sesuai namanya kura kura jenis ini hadir dengan warna kepala berwarna kemerah merahan seperti bual Cheri. Merupakan kura kura dari Brazil dengan ukuran paling besar sampai 30 centimeter. Kura kura Cherry Head banyak digandrungi para pecinta kura kura dunia.

Kura kura Cherry Head

Kura kura Cherry Head

Jenis kura lainnya adalah kura kura istar yang mungkin tak asing untuk didengar. Pada dasarnya kura kura ini berasal dari kata Indian Star yang hadir dengan keunikan tersendiri yaitu dari segi motifnya berbentuk bintang pada bagian tempurung kura kura.

kura kura indian star

kura kura indian star

Sedangkan untuk kura kura pardalis yang juga masuk dalam jenis kura kura lainnya merupakan jenis kura kura darat dan banyak dipilih para pecinta kura kura untuk dijadikan hewan peliharaan.

kura kura pardalis

kura kura pardalis

Desert Tortoise (Gopherus agassizii)

Kura kura tortoise banyak jenisnya dan memiliki keunikan tersendiri setiap jenis untuk menjadi pembeda antar lainnya. Dilihat dari jenis kura kura darat saja sudah memiliki banyak varian yang berbeda dan kebanyakan para pecinta hewan reptil satu ini lebih senang dengan kura kura darat dibandingkan kura kura air.

Kura kura tortoise

Desert Tortoise (Gopherus agassizii)

Untuk kura kura indian star memiliki corak yang berbeda dan bisa ditemukan di berbagai negara, antara lain Srilangka, India, Birma, dan negara lainnya. Untuk kura kura indian star dari Birma tampil dengan warna kuning dan memiliki nama latin Geochelone. Habitat dari kura kura jenis ini adalah di tempat yang kering dengan tumbuhan seperti rerumputan dan semak semak kecil.

Di dunia ini ada banyak jenis kura kura terbesar yang bisa saja membuat para pecinta kura kura tercengang. Diantaranya seperti kura kura galapagos, Aldabra Giant, Geochelone Sulcata, Protostega ukurannya bisa mencapai 1.8 meter dengan berat 400 kg. Kura kura seperti itu bisa disebut dengan kura kura raksasa, hal ini lantaran bentuknya yang cukup besar bahkan lebih besar dari ukuran tubuh manusia pada umumnya.

kura kura terbesar di dunia

kura kura terbesar di dunia

Jenis kura kura terbesar di dunia ini mungking saat ini sedang sedikit populasinya karena sering kali dijadikan sasaran pemburuan liar oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. bahkan untuk jenis kura kura Galapagos tersisa hanya 20 ribu ekor saja di dunia dan terus menurun.

Demikian ulasan Mengenai Jenis Kura kura Yang Bisa Kamu Jadikan Peliharaan dari sayasemoga ulasan diatas bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Terimakasih

Jenis Kura kura Yang Bisa Kamu Jadikan Peliharaan Kesayangan | M rian saputra | 4.5