Mengenal Ciri Khas Kambing Kosta Dan Keunggulannya

Mengenal Ciri Khas Kambing Kosta Dan Keunggulannya– Dalam ilmu peternakan ada ribuan nama hewan ternak dengan banyak jenis dan karakter yang berbeda-beda. Dalam hal ini kita akan berbicara tentang kambing kosta. Mungkin bila anda masih awam dalam bidang peternakan, belum mengetahui tentang kambing kosta ini, apalagi mengingat populasi dan penyebarannya memang masih sedikit di Inodnesia. Untuk informasi, kambing jenis seperti ini hanya memiliki tempat populasi yang tersebar di wilayah sekitar Jakarta dan Provinsi Banten saja, belum menyeluruh untuk seluruh wilayah Tanah Air, sehingga masih sedikit yang mengenal jenis kambing macam ini.

Namun, meskipun begitu tak ada salahnya jika kita ingin mempelajari tentang karakteristik kambing kosta yang mungkin saja tak dimiliki oleh jenis kambing lain. Kambing jenis ini lahir dengan bentuk tubuh yang tidak sebesar besar seperti jenis kambing pada umumnya, memiliki hidung yang rata namun ada pula yang sedikit melengkung, bulu-bulunya tidak panjang dan juga memiliki tanduk dengan ukuran pendek. Jika anda melihat ciri-ciri tersebut pada kambing yang ada di sekitar, mungkin saja kambing tersebut masuk dalam kategori jenis kambing kosta.

Ada beberapa sumber yang menyatakan apabila hadirnya kambing kosta tersebut karena adanya perkawinan silang yang pernah dilakukan dahulu. Persilangan yang dimaksud adalah perkawinan kambing yang tak sejenis, terjadi antara kambing Kacang dan kambing Khasmir, keduanya dikawinkan hingga akhirnya menghadirkan kambing kosta. Warna kambing kosta kebanyakan hadir dengan corak warna coklat tua, coklat muda, coklat yang kemerah-merahan, abu-abu dan warna hitam. Kambing ini memiliki dua bentuk warna yang terdapat pada susunan tubuhnya, di bagian belang tubuhnya lebih banyak didominasi oleh warna putih.

Kambing Kosta

Kambing Kosta

Kambing di Indonesia terdiri dari banyak macam, kambing Kacang merupakan salah satu jenis kambing yang merupakan asli populasinya dari Indonesia. Karena memiliki kemiripan dan hampir tidak beda jauh maka banyak yang menyebutkan bahwa kambing Kosta merupakan kambing Kacang oleh kebanyakan masyarakat. Hal tersebut lantaran bentuk tubuh yang ada pada kambing Kosta sama seperti kambing Kacang. Namun tetap saja kambing kosta yang merupakan hasil persilangan itu memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan keduanya meskipun diakui sulit untuk dibedakan lantaran secara umum kambing kosta dan kambing kacang memiliki persamaan, perbedan kambing kacang dan kambing kosta.

Akan tetapi, jika menilik secara cermat pastilah kita akan menemukan perbedaan yang secara khusus antara kambing Kacang dengan kambing Kosta. Ciri kambing Kosta yang sangat jelas ada dan merupakan ciri khas tersendiri tidak dapat ditemukan pada jenis kambing lainnya adalah adanya motif garis sejajar yang terletak di bagian kiri dan juga pada bagian mukanya. Tak hanya itu saja, ada ciri lain yang juga menjadi ciri signifikan kambing Kosta sehingga menjadi pembeda dirinya dengan kambing jenis lain yaitu kambing ini memilii bulu rewos yang ada pada bagian kaki belakang, maka jika anda memperhatikan secara seksama akan menemukan ciri tersebut yang tak ada pada jenis kambing selain kambing kosta.

Baca Juga Lainnya diSini:

Kambing Kacang

Kambing Kacang

Jenis bulu rewos yang ada bagian kaki belakangnya itu sama seperti pada kambing peranakan etawa atau PE namun ukurannya lebih pendek tidak panjang seperti pada kambing etawa serta teksturnya lebih halus dan juga tebal. Tahukah anda bahwa ternyata kambing kosta ini juga bisa dijadikan sebagai jenis kambing pedaging, hal tersebut karena bentuk tubuh kambing kosta memiliki ukuran besar di bagian belakangnya, sehingga kambing kosta bisa menjadi salah satu pilihan apabila tidak ada kambing pedaging lain yang dibutuhkan dalam pasaran. Kambing pedaging bisa saja berkurang populasinya seiring berjalannya waktu mengingat permintaan pasar yang semakin banyak, oleh karena itu jalan keluar lannya adalah memanfaatkan kambing kosta tersebut.

Populasi untuk kambing jenis ini memang masih terbilang sedikit di Indonesia. Populasi kambing kosta yang sedikit tersebut tentu saja karena memang bukan asli dari Indonesia akan tetapi hasil persilangan kawin yang dilakukan antara dua jenis kambing lainnya. Apalagi ternyata belakangan ini jenis kambing Kosta semakin lama semakin mengecil di Tanah Air. Diketahui dari data yang beredar saat ini memang tidak diketahui jumlah pastinya, akan tetapi perkiraan untuk jumlah kambing Kosta ynag ada di Provinsi Banten tinggal sedikit bahkan hanya 500 sampai 700 ekor.

Meskipun merupakan hasil persilangan dari kambing Kacang yang asli Indonesia dengan kambing Kashmir yang merupakan kambing Impor namun sepertinya banyak yang belum paham mengenai ciri khas dari kambing Kosta ini sehingga banyak yang mengira adalah kambing Kacang. Penyebarannya di Indonesia juga masih kecil hanya di wilayah DKI Jakarta dan Provinsi Banten sehingga membuat jumlah kambing tersebut di Indonesia masih sedikit. Untuk persentase warnanya sendir, kambing ini kebanyakan hadir dengan corak warna hitam sampai 61 persen, sementara warna coklat tua menghadirkan 20 persen, warna coklat muda ada 10,2 persen, coklat merah hanya 5.8 persen serta warna abu-abu hanya 3,4 persen saja.

Bagi anda yang ingin melestarikan perkembangan kambing Kosta tentu saja sebelumnya harus benar-benar memahami tentang ilmu peternakan yang umumnya bisa membuat usaha peternakan anda cenderung lebih baik, sehingga bisa menghadirkan kambing kosta dan menambah popularitasnya serta tersebar untuk seluruh wilayah di Tanah Air. Rumor kuat dan berdasarkan pendapat banyak ahli yang menyebutkan bahwa asal mula Kambing Kosta ini dari persilangan kambing asli Indonesia dan kambing Impor, tidak ada salahnya jika kemudian anda melakukan hal ini, apabila kebetulan memiliki dua jenis kambing tersebut maka tidak ada salahnya melakukan kawin silang antara dua jenis kambing yang berbeda tersebut.

Baca Juga:

Selain akan menambah jenis kambing baru yang ada di Indonesia, anda pun akan menambah populasinya di Indonesia yang semakin lama semakin menyusut. Kambing kosta mungkin memiliki performa yang tak beda jauh dengan kambing kacang yang merupakan kambing original asli Indonesia.

Namun tentu dengan perbedaan-perbedaan yang ada secara signifikan pada ciri-cirinya maka akan menambah warna pada jenis kambing di Indonesia. Pelestarian kambing kosta penting dilakukan untuk tetap menghadirkan varietas jenis kambing baru yang semakin banyak untuk ilmu peternakan saat ini.

Bisnis peternakan kambing belakangan sudah mulai populer dan banyak dikembangkan oleh masyarakat, karena permintaan akan daging kambing semakin besar dan pembibitannya pun pastilah juga begitu dibutuhkan, karena itulah akan menjadi kelebihan tersendiri ketika memelihara kambing kosta sebagai alternatif jika mungkin populasi dari kambing pedaging belakangan mulai menyusut.

Perjualan kambing belakangan cukup populer di semua kalangan masyarakat, karena hewan kambing sering kali dibutuhkan terutama oleh warga muslim Indonesia. Hewan kambing ini bisa dijadikan sebagai hewan qurban di hari raya idul adha, saat momen hari raya Idul Adha ini biasanya permintaan akan kambing begitu besar, juga untuk aqiqah yang hukumnya wajib untuk setiap warga muslim.

Demikian lah ulasan mengenai  Mengenal Ciri Khas Kambing Kosta Dan Keunggulannya, semoga bisa memberi manfaat untuk para pembaca jangan lupa di shar ke teman lainnya. Terimakasih

Mengenal Ciri Khas Kambing Kosta Dan Keunggulannya | M rian saputra | 4.5
/* */