Sedang memuat Mengenal Komodo Hewan Langka Indonesia ...

Mengenal Komodo Hewan Langka Indonesia

Sunday, April 23rd, 2017 - REPTILE

Komodo Hewan Langka Indonesia – Komodo merupakan hewan karnovora pemakan daging, sehingga image komodo binatang buas memang sangat melekat pada hewan langka yang satu ini.Makanan Komodo biasanya adalah daging – daging yang besar seperto kerbau air, rusa , babi bahkan manusia. Dalam menangkap mangsanya komodo akan melakukan pemburuan dengan sembunyi – sembunyi. Dimana komodo akan mengintai mangsanya dalam beberapa jam hingga akhirnya mangsa lewat persis di depannya dan komodo pun siap untuk menerkam mangsanya tersebut. Selain itu komodo juga dikenal sebagai hewan kanibalisme. Karena jika sudah tak ada mangsa untuk di santap ketika kelaparan komodo juga suka memakan sesamanya.

Seperti yang kita ketahui Komodo Indonesia merupakan salah satu hewan yang sangat langka yang telah hidup sejak ribuan tahun yang lalu. Hewan yang satu ini memiliki ukuran yang sangat besar dan menyerupai kadal. Oleh karena itu tak heran jika komodo bisa disebut juga dengan spesies kadal terbesar yang ada di dunia. Dalam masa pertumbuhannya komodo biasanya dapat memiliki panjang mencapai dua atau tiga meter dengan berat 70 kg.

komodo dragon

Bahkan terdapat spesies komodo yang memiliki ukuran lebih besar dari yang telah disebutkan. Spesies tersebut adalah tak lain komodo dragon. Mengapa tidak dalam pengukuran yang pernah dilakukan oleh beberapa pihak, komodo dragon dapat memiliki panjang lebih dari 10 kaki 3 meter dan berat mencapai 166 kg.

Baca Juga Hewan Langka Lainnya: 

Bisa dibayangkan betapa besar hewan yang satu ini. Berdasarkan beberapa teori faktor pemicu tubuh komodo yang besar tersebut adalah terjadinya proses gigantisme pulau. Hal itu adalah prosses dimana pembesaran tubuh hewan tertentu karena adanya akibat pulau tempatnya tinggal terlalu kecil. Sehingga tak ada predator lain yang bisa di mangsa.

Pada dasarnya hewan raksasa ini secara alami hanya dapat ditemukan di Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo, Flores dan juga Rinca. Di Pulau Komodo penduduk setempat biasanya mengenal komodo dengan nama Ora atau buaya darat. Kini seperti yang kita ketahui Habitat Komodo di alam bebas memang sudah menyusut karena aktivitas pemburuan liar yang dilakukan oleh manusia. Sehingga tak heran jika komodo masuk dalam kategori hewan langka dan dilindungi oleh dunia.

Pulau Komodo

Pulau Komodo

Ciri  Ciri Komodo

Ciri – Ciri Komodo yang paling banyak diketahui oleh orang pada umumnya adalah memiliki tubuh yang besar dan juga kuat. Namun tak hanya itu masih banyak ciri – ciri komodo yang perlu anda ketahui. Komodo biasanya memiliki beberapa warna varian seperti biru, abu – abu, hijau , dan oranye. Tergolong pada hewan karnivora komodo memiki cakar yang panjang, besar dan juga kuat lengkap dengan ekor yang berotot.

Pada siang hari komdo memiliki penglihatan yang sangat baik dengan jarak 300 m. Namun pada malam hari peglihatan komodo tak akan sejeli ketika siang hari. Hewan yang hampir punah ini sebenarnya tak memiliki telinga sebagai indra pendengar. Untuk menutupi kekurangan tersebut, komodo menggunakan lidah sebagai pendeteksi rasa dan juga navigasi.

komodo indonesia

komodo indonesia

Kadal raksasa yang juga memiliki kemampuan berlari sangat baik ini faktanya lebih menyukai tempat kering dan panas dibandingkan dengan tempat yang lembab. Sehingga wajar saja jika beberapa pulau di Indonesia seperti pulau komodo, flores dan Rinca, Montang dan Dasami menjadi habitat komodo karena memang memiliki suhu udara yang tinggi. Sebenarnya habitat komodo tidaklah kusus, komodo dapat hidup di hutan tropis kering, sabenarnya hingga hutan musim gugur. Hanya saja komodo akan lebih nyaman bila tinggal di daerah yang memiliki tingkat suhu panas yang ekstrim.

Reputasi komodo sebagai hewan yang mengerikan justru membuat kebanyakan orang penasaran untuk melakukan wisata pulau komodo. Hal ini lantaran orang – orang ingin mengetahui bagaimana bentuk hewan komodo yang selalu digambarkan mengerikan oleh kebanyakan orang.

Selain itu wisata pulau komodo juga dapat memberikan pengetahuan bagi banyak orang terkait segala sesuatu tentang hewan langka di dunia tersebut. Ini karena masih banyak sekali orang yang bertanya – tanya komodo berasal dari mana ?. Banyak yang mengatakan bahwa komodo berasal dari Australia dan Afrika. Namun faktanya habitat asli dari Komodo adalah Indonesia.

Kepulauan Komodo menjadi salah satu habitat asli komodo. Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini juga masuk dalam kawasan Komodo National Park yang memang sudah terkenal di hampir seluruh dunia. Sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk berkunjung ke kepulauan komodo untuk melihat keeksotisan komodo raksasa yang terkenal hingga kepenjuru dunia ini.

Komodo National Park

Komodo National Park

Untuk melakukan perjalanan ke pulau komodo tentu saja harus mengetahui dengan benar akses transportasi yang harus digunaakan. Terdapat dua akses transportasi yang dapat dipilih yakni transportasi udara dan laut. Namun perlu anda ketahui bahwa waktu untuk sampai ke pulau komodo akan lebih lama jika anda menggunakan transportasi laut. Jika ingin lebih cepat anda dapat menggunakan transportasi udara dan tentu saja dengan harga yang sesuai.

Dengan melakukan wisata pulau komodo tentu dapat semakin menambah pengetahuan masyarakat betapa pentingnya menjaga kelestarian komodo dan hewan – hewan lainnya agar tak mengalami kepunahan. Ketika ingin pergi kepulau komodo atau taman nasional komodo, kebanyakan wisatawan akan menyebut wisata komodo labuhan bajo. Hal in wajar saja karena pintu masuk utama dari Taman Nasional Komodao adalah dari 2 kota yakni Labuan Bajo dan Bima Nusa Tenggara Timur.

komodo

Pulau komodo memang sangat populer namun tak banyak yang mengetahui tentan sejarah pulau komodo. Sesuai dengan cerita yang berkembang nama pulau komodo yang berada di selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini diberikan oleh seorang bernama Steyn Van Hens Broek pada tahun 1910 yang membuktikan terkait adanya hewan raksasa yang meyerupai naga pada pulau tersebut. Kemudian sebagai upaya pembuktikan tersebut Steyn berhasil membunuh satu komodo dan akhirnya ia bawa ke Museum and Botanical Garden yang ada di bogor untuk diteleliti.

Komodo National Park sendiri adalah salah satu taman nasional yang sudah di kenal hampir di seluruh Indonesia. Taman Nasional yang telah didirikan sejak tahun 1980 ini telah mendapatkan penghargaan dari UNESCO pada tahun 1991 sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.

Komodo Natinal Park sendiri terletak di Nusa Tenggara Timur, kini setidaknya taman nasional tersebut telah menampung 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan antara hewan yang berasal dari Asia dan Australia. Diantara ratusan spesies hewan tersebut terdapat salah satunya adalah Komodo yang merupakan hewan berstatus langka dan dilindungi.

Kini diketahui Populasi Komodo sangat terbatas dimana tercatat di pulau rinca terapat 1.300 ekor, Gili Montang 100 ekor, Gili Dasami 100 ekor, Komodo 1.700 ekro dan di Flors kurang lebih 2000 ekor. Keprihatinan semakin dirasakan ketika adanya sebuah fakta bahwa dari jumlah komodo yang tersisa, diperkirakan hanya 350 ekor betina komodo yang masih produktif dan dapa berkembang biak.

Nah Demukian ulasan mengenai  Mengenal Komodo Hewan Langka Indonesia dari saya semoga bisa menambah informasi dan pengetahuan kita bersama. Terimakasih

 

Mengenal Komodo Hewan Langka Indonesia | M rian saputra | 4.5