Sedang memuat Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli Lengkap Dengan Hargannya ...

Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli Lengkap Dengan Hargannya

Friday, March 24th, 2017 - kucing

Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli – Kucing anggora merupakan salah satu jenis hewan kesayangan yang sering dipelihara para pecinta kucing dan telah sangat populer di Indonesia, dimana jenis kucing ini diklaim sebagai kucing dengan ras yang paling tertua dan berasal dari sebuah kota yang ada di Turki, Angora. Jenis kucing anggora asli biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal dan hanya orang-orang tertentu saja yang memutuskan untuk memeliharanya.

Hal ini bukan tanpa alasan, selain harganya mahal, jenis kucing ini memang membutuhkan metode perawatan yang mahal. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan keindahan dan kecantikan yang dimiliki oleh si kucing agar ia tidak turun harga.

Secara sekilas, bagi para pecinta kucing pemula tentu belum dapat membedakan kucing anggora dan kucing persia karena ia nampak sangat mirip. Namun jika diperhatikan lebih detail, maka keduanya akan memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Perbedaan tersebut terletak pada hidung, bulu dan badannya. Pada umumnya, kucing persia memiliki hidup yang cenderung pesek dan badan sedikit membulat, serta bulu yang panjang di sekujur badannya. Berbeda dengan kucing persia, ciri kucing anggora asli sendiri ialah memiliki hidung yang lebih mancung dan bentuk badan yang lebih ramping. Sedangkan bulu panjang yang dimilikinya cenderung hanya ada di bagian-bagian tertentu saja pada badannya.

Kucing Anggora Asli

Kucing Anggora

Bukan rahasia lagi jika kucing yang juga sering kali disebut sebagai kucing Angora Turki atau Ankara Kediri ini menjadi salah satu kucing yang banyak dicari, baik di dalam dan di luar negeri. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat ia memiliki penampilan yang sangat indah dan menawan, serta bentuk muka yang terlampau lucu. Kucing yang berasal dari Turki ini pertama kali diimport secara resmi ke Amerika Serikat pada tahun 1954 silam dan akhirnya diregistrasi oleh Cat Fanciers Association (CFA) pada tahun 1968.

Kala itu, gambar kucing anggora asli yang telah beredar dan digandrungi oleh para pecinta kucing ialah jenis kucing anggora putih. Memiliki penggemar yang terlampau tinggi, akhirnya pada tahun 1970 dan 1972 diadakanlah sebuah kompetisi yang memang dikhususkan untuk kucing anggora.

Bagi seseorang yang ingin mengadopsi kucing anggora, tentu Anda harus memperhatikan ciri kucing anggora asli untuk memastikan tidak ada campuran dari keturunan-keturunan lainnya, baik secara langsung maupun melihat foto kucing anggora asli.

Berikut ciri-ciri kucing anggora asli :

1. Kepala Kucing Anggora

Kucing Anggora Asli

Kucing Anggora

Bentuk kepala dari kucing anggora asli ini merupakan hal yang pertama yang harus diperhatikan, mengingat bentuk kepala dari kucing ini sekilas hampir sama dengan kucing lokal, yakni berbentuk segitiga terbalik dengan bagian atas yang lebih melebar namun semakin mengerucut di bagian dagunya. Di bagian kepala ini, bulu kucing yang menyelimutinya pun tidak terlampai panjang, sangat berbeda dengan bulu yang dimiliki oleh kucing Persia.

2. Telinga Kucing Anggora

Kucing anggora asli biasanya memiliki telinga yang cukup lebar di bagian bawah dan semakin membesar di bagian ujung telinga, yang membentuk seperti sebuah segitiga. Secara sekilas, bentuk telinga dari jenis kucing ini hampir serupa dengan kucing lokal yang terdapat di indonesia, namun letak atau jarak antara telinga satu dengan telinga lainnya cenderung lebih berdekatan. Telinga dari kucing anggora asli memiliki bulu yang tidak terlalu panjang atau lebat, sehingga bentuk dan kerangka dari telinganya akan nampak sangat jelas.

Baca Juga:

3. Mata Kucing Anggora

Cara membedakan kucing anggora asli dengan kucing lainnya ialah dengan memperhatikan matanya. Mata dari kucing anggora cenderung sangat unik dengan letak yang sedikit miring ke atas dan berbentuk seperti buah almond. Selain letak, warna matanya juga cenderung sangat aneh jika dibandingkan dengan kucing-kucing jenis lainnya, yakni berwarna biru. Namun masih banyak pula kucing anggora yang memiliki mata berwarna kuning.

4. Hidung Kucing Anggora

Hampir serupa dengan kucing lokal, hidung dari kucing anggora nampak mancung dengan bentuk wajah yang lonjong. Jika diperhatikan secara seksama, hidup kucing anggora biasanya nampak mengangkat ke atas dengan lubang yang terlihat jelas.

5. Tubuh Kucing Anggora

Kucing Anggora Asli

Kucing Anggora

Berbeda dengan kucing persia yang memiliki tubuh gemuk, kucing anggora asli umumnya memiliki tubuh yang cenderung langsing dan sedikit lebih panjang, namun bagian belakangnya terlihat sedikit lebih tinggi daripada bagian depannya. Perbedaan kucing anggora asli dan campuran sangat nampak dari struktur tulangnya, dimana struktur tulang dari kucing anggora memiliki tonjolan tulang yang terbilang cukup bagus.

6. Kaki Kucing Anggora

Jika Anda memperhatikan foto kucing anggora asli secara seksama atau juga memperhatikannya secara langsung, kucing anggora cenderung memiliki kaki yang cukup panjang dan membuatnya nampak tinggi. Panjangnya kaki yang dimiliki oleh jenis kucing ini cenderung sangat mendukung bentuk tubuh kucing yang unik dan langsing.

7. Ekor kucing Anggora

Hal yang sangat unik dan menarik yang dimiliki oleh sebuah kucing anggora asli ialah di bagian ekornya. Dimana ekor dari kucing ini terbilang cukup panjang dan didukung oleh bulu yang tebal dan lebat. Gambar kucing anggora asli memiliki bulu ekor yang mengembang bahkanhampir menyerupai bentuk dari sebuah kemoceng. Hal inilah yang menjadi salah satu ciri kucing anggora asli yang khas.

8. Bulu Kucing Anggora

Bulu dari kucing anggora pada dasarnya dapat tumbuh dengan berdasarkan kondisi cuaca di lingkungan tempat ia hidup. Yang membedakan kucing anggora asli dengan kucing persia jika memperhatikan bulunya ialah bulu dari kucing anggora tidak sepanjang dan selebat bulu yang dimiliki oleh bulu kucing persia. Jika bulu kucing persia cenderung lebat di seluruh tubuhnya, maka kucing anggora hanya memiliki bulu yang terlebat di bagian leher dan ekronya.

Perbedaan Anggora Dan Persia

Perbedaan Anggora Dan Persia

9. Kepribadian dan perilaku Kucing Anggora

Ciri kucing anggora asli lainnya ialah dari kepribadian dan perilakunya. Dimana kucing anggora diklaim sebagai ras kucing yang sangat cerdas, mampu bersikap ramah, sangat mudah dilatih dan mampu beradaptasi dengan sangat mudah. Sebagai kucing yang aktif, kucing ini biasanya memiliki perilaku yang cenderung sangat energik dan suka bermain. Biasanya, kucing anggora akan nampak loyo dan tidak suka ditempatkan di kandang, ia lebih suka hidup di dalam rumah secara bebas dan selalu mengikuti pemiliknya. Oleh karena itu, tak heran jika kucing anggora sangat penurut dan akan sangat manja dengan pemiliknya.

Harga Kucing Anggora

Sebagai salah satu ras kucing yang sering dicari oleh para penggemar kucing, untuk mengadopsi kucing anggora sendiri rupanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar Rp 4 juta hingga puluhan juta rupiah. Perbedaan kucing anggora asli dan campuran juga dapat dilihat dari harga yang ditawarkan.

Harga kucing anggora yang merupakan hasil perkawinan dari kucing persia biasanya dibanderol sekitar Rp 1,6 jutaan hingga Rp 2,8 jutaan. Namun jika kucing anggora tersebut merupakan hasil perkawinan dengan kucing lokal, maka harganya biasanya akan turun secara signifikan, bahkan hanya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 800 ribuan.

Pada dasarnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga adopsi dari kucing tersebut. Salah satunya ialah vaksinasi. Kucing anggora yang telah divaksin otomatis memiliki kesehatan yang tetap terjaga dan lebih prima jika dibandingkan dengan kucing anggora yang tidak divaksin. Dengan demikian, harga dari kucing anggora asli yang telah divaksinasi tentunya akan lebih mahal.

Selain vaksinasi, usia juga menjadi faktor mahalnya dari kucing jenis ini. Puncak harga dari kucing anggora biasanya ketika usia kucing masih produktif. Namun jika kucing tersebut masih terbilang anakan atau bahkan sudah tua, harga adopsi darinya pun akan sangat berbeda dan terbilang lebih rendah.

Nah itulah ulasan mengenai Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli dari kami, semoga ulasan ini bisa menambah wawasan dan ilmu bagi kita, semoga bermanfaat. Terimakasih

perbedaan anak kucing anggora dan kucing kampung,ciri kucing persia,ciri ciri kucing anggora mix kampung,kucing anggora persia,hasil perkawinan kucing anggora dengan kucing kampung,merawat kucing anggora,kucing anggora harga,kucing anggora campuran kucing kampung

Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli Lengkap Dengan Hargannya | M rian saputra | 4.5