Jenis Kura Kura Hias Beserta Harga Terbaru

Jenis Kura Kura Hias – Kura-kura adalah hewan yang masuk dalam golongan reptil dengan memiliki cangkang sebagai rumahnya. Masih sedikit orang yang kadang tidak bisa membedakan antara kura kura dengan penyu, namun pada dasarnya meskipun hampir sama tetap saja kedua hewan ini berbeda. Ada banyak jenis kura-kura yang ada di dunia ini. Tergolong dari beberapa bagian yang mungkin sampai banyak sekali untuk dipelajari. Banyak orang yang gemar untuk memelihara kura kura karena memiliki keunikan tersendiri.

Kura-kura ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan hewan lainnya, yaitu memiliki batok yang keras dan dapat dijadikan sebagai rumahnya. Pada umumnya, batok kura-kura ini memiliki dua buah bagian yaitu bagian atas yang bisa dijadikan sebagai penutup punggung kura kura atau bisa disebut dengna karapas. Sedangkan untuk bagian berikutnya adalah bagian bawah yang disebut dengan plastron. Salah satu jenis kura kura adalah sejenis Sulcata. Kura kura ini asalnya dari daerah Afrika namun sudah terkenal secara mendunia. Untuk cara merawat kura kura sulcata juga tidak terlalu sulit. Pada umumnya kura kura ini menyukai daerah-daerah yang lembab.

Kura Kura Sulcata

Kura Kura Sulcata

Kura kura Sulcata yang masih bayi memang menyukai keadaan yang panas akan tetapi mereka mudah sekali terkena dehidrasi. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan pemeliharaan pada setiap pagi hari untuk merendamnya di air hangat sampai setengah batoknya, kemudian jemur dan diberi makanan. Ingatlah satu hal, yaitu anda harus memastikan kandangnya harus dalam kondisi tetap kering namun hangat hingga mencapai suhu 30 derajat celcius.

Satu hal juga, pastikan tempat yang anda pilih untuk memelihara kura kura jenis ini sejuk serta kering, hindari peletakan tempat air minum dalam kandang kura kura Sulcata. Meskipun menjemur, namun jangan sampai anda biarkan menjemur kura kura Sulcata dalam jangka waktu cukup lama karena akan membuat kura kura tersebut merasa dehidrasi sehingga akan terancam kesehatan dan bisa saja mati.

Baca Juga Jenis Reptil Lainnya :

Anda harus selalu menjaga suhu badannya tetap hangat, pastikan pula kandang yang digunakan dalam suhu yang pas karena kura kura tersebut tak tahan sekali sama panas. Saat menjemur, pastikan anda memberikan pengawasan jangan dibiarkan begitu saja karena kura kura jenis ini pintar sekali untuk kabur dari jangkauan anda. Kura kura Sulcata diberikan makan seperti Fumak, kaktus centong, sawi, selada, bunga sepatu dan buncis.

Makanan Kura Kura

Makanan Kura Kura

Kura kura pada umumnya memiliki tempat tinggal di berbagai daerah, bisa ditempat rerumputan, hutan, sungai, gurun bahkan di laut. Beberapa kura kura jenis lain memiliki tempat hidup yang sepenuhnya akuatik bisa di air tawar ataupun di lautan. Karena memiliki banyak jenis ini maka tentu saja jenis makanannya juga tidak saja. Ada jenis kura kura pemakan tumbuhan atau bisa disebut dengan herbivora namun ada juga yang disebut karnivora yaitu pemakan daging serta kura kura pemakan omnivora atau pemakan segala.

Apabila anda ingin mengetahui makanan kura kura tentu saja terlebih dahulu harus mengetahui jenis kura kura apa yang dimiliki. Pada dasarnya, kura kura ini tidak memiliki organ gigi, namun jangan salah kura kura memiliki pengerasan tulang pada bagian moncongnya yang bisa dijadikan sebagai alat pemotong makanan yang dilahapnya. Pada umumnya biji-bijian merupakan makanan dari kura kura ini. Untuk ukurannya sendiri banyak macamnya, ada yang memiliki ukuran kecil dari 8 cm namun ada pula yang berukuran besar bahkan bisa mencapai 300 centimeter.

Karena banyaknya penggemar dari kura-kura ini maka wajar saja jika belakangan banyak orang menjadikan kura kura tersebut sebagai ladang bisnis. Jual kura kura di pasaran sering sekali ditemukan. Bagi penggemar kura kura pastilah memiliki hobi mengumpulkan berbagai macam kura kura sebagai koleksi. Banyak sekali jenis jenis kura kura yang ada di dunia ini. Kura kura darat merupakan salah satu jenis kura kura yang banyak sekali dipilih masyarakat untuk dapat dipelihara.

Jenis Jenis Kuara kura

Untuk jenis kura kura ini memiliki perawatan yang tentu saja intensif, hal tersebut karena jika kita terlalu teledor atau membiarkan perawatan kura kura begitut saja maka akan membuat kura kura tersebut melarikan diri bahkan mati. Harga kura kura yang cantik bisa saja dibandrol harga cukup tinggi bahkan sampai jutaan. Belakangan karena seringnya pemburuan liar membuat populasi berbagai jenis kura kura semakin berkurang dari waktu ke waktu, namun sampai saat ini masih banyak orang menggemari kura kura untuk menjadi hewan peliharaan.

Untuk dijadikan hewan peliharaan, orang-orang cenderung untuk memilih kura kura darat hias yang cantik dan menarik. Untuk informasi tentang kura kura darat paling murah bisa anda simak pada ulasan yang kami berikan disini. Contoh kura kura yang bisa dipelihara seperti kura kura Radiata, kura kura brazil, kura kura sulcata, dan masih banyak jenis kura kura lainnya yang tentu saja memiliki harga berbeda pada setiap jenisnya. Tergantung pada tingkat menarik dan menawannya kura kura tersebut dan kemampuannya dalam bertahan hidup.

Kura Kura Radiata

Kura Kura Radiata

Bagi anda yang ingin memelihara kura kura hias, tentu saja anda harus rela merogoh kocek, karena harga kura kura hias bisa mencapai angka dari ratusan hingga jutaan rupiah tergantung dari usia dan jenis kura kuranya.

Informasi  Kura Kura istar biasnya juga banyak yang dicari oleh masyarakat karena kura kura ini memiliki corak yang cukup unik, pada bagian karapasnya memiliki bentuk bintang. Ukurannya bisa mencapai paling besar 38 cm dengan berat mencapai 8 kg. Harganya antara Rp 800 ribu sampai Rp 1 jutaan.

Sedangkan untuk harga kura kura brazil dibandrol lebih murah bahkan terlalu murah sehingga bisa terjangkau untuk banyak kalangan masyarakat. Harganya hanya mencapai puluhan ribu saja. Warnanya hijau dan hijau lumut.

Untuk harga jual kura kura brazil ini memang terbilang murah karena keberadaannya tidak terlalu sulit, cukup mudah dan sering dijumpai di berbagai tempat.

Namun beda halnya untuk harga kura kura brazil besar karena bisa dibandrol harga mencapai ratusan ribu. Hal tersebut pastilah terletak pada ukurannya yang berbeda. Jenis kura kura ini biasanya berkisar antara Rp 200 ribuan saja.

Selain itu anda juga harus memperhatikan tentang kandang atau aquarium dari kura kura tersebut supaya bisa menjadi rumah yang nyaman baginya. Banyak dijumpai di pasaran aquarium untuk kura kura tersebut, harga aquarium kura kura berbeda beda tergantung pada kapasitasn dan apa saja kelebihan yang dimilikinya.

Jika dilihat dari jenis dan harganya, maka bisa diketahui bahwa harga kura kura darat termurah bisa pada kura kura brazil yang memiliki ukuran kecil karena hanya dibandrol harga Rp 30 ribuan.

Kura kura darat terdiri dari beragam jenis dan bisa dijadikan sebagai hewan reptil peliharaan memenuhi hobi anda pecinta kura kura.

Demikian ulasan Mengenai Jenis Kura Kura Hias Beserta Harga Terbaru dari saya Semoga ulasan diatas bisa memberikan maanfat serta informasi yang anda butuhkan. Terimakasih

Jenis Kura Kura Hias Beserta Harga Terbaru | M rian saputra | 4.5
/* */